Menyambut Pilkada Bersih Kota Depok

Lomba Kampung Pilkada di Depok Resmi Dibuka Dengan Total Hadiah Ratusan Juta Rupiah

HarianDepok.com – Suara Pembaca ,Tak lama lagi kota Depok akan menyambut perhelatan akbar pemilihan langsung kepala Daerah kota Depok. Pemilihan Kepala Daerah ini akan digelar serentak pada 9 Desember 2015 di seluruh wilayah di Indonesia. Pemilihan kepala Daerah Kota Depok adalah salah satu momentum penting yang akan menentukan bagaimana kemajuan kota Depok dalam lima tahun kedepan. Sebab pemilihan kepala daerah dikota depok, bukan hanya soal perpindahan dan pergeseran kepemimpinan, lebih dari itu pemilihan ini juga menjadi titik awal pembaruan pembangunan kota dan awal munculnya harapan baru dari masyarakat kota depok.

Depok Sebagai salah satu kota yang tengah berkembang dan berada di posisi yang sangat strategis, jelas memiliki peran penting kemajuan kota kota besar di sekitarnya. sehingga kepemimpinan baru kota Depok Menentukan bagaimana wajah baru kota depok dalam menjawab masalah dan tantantangan nasional dan Global di depan. Oleh karena itu,

kepemimpinan kota Depok yang di emban oleh Wali Kota dan Wakil Wali kota Depok ini amatlah penting menentukan arah kebijakan kota Depok di waktu yang akan datang. Proses adalah sesuatu yang akan menentukan bagaimana hasil yang akan di dapat. Begitu juga pada proses pemilihan Kepala Daerah yang saat ini masih berjalan. Proses dan dinamika yang terjadi jelang pemilihan akan menentukan bagaimana kualitas pemimpin yang akan terpilih dan akan memegang amanah kepemimpinan di kota Depok. Belakangan, dikota-kota besar pemberitaan di media masa dan elektronik tengah santer membahas mengenai politik uang atau istilah “mahar politik”. Tidak hanya itu kampanye yang melibatkan transaksi rupiah untuk mendapatkan suara pun marak terjadi sehingga merusak nilai-nilai serta tatanan norma kejujuran di masyarakat.

Di sisi lain, tegas di sebutkan dalam UU nomor 8 tahun 2015 tentang Perubahan Atas UU nomor 1 Tahun 2015 tentang Perppu nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, dan Wakil Walikota di atur bahwa Tidak Boleh ada transaksi rupiah dari calon kepala daerah kepada partai politik ataupun pemilih dalam proses pemilihan. Itu artinya baik kepada partai politik maupun kepada pemilih jelas dilarang terjadinya permainan uang apalagi jika dilakukan untuk membujuk pemilih memberikan suaranya kepada calon yang melakukan politik uang tersebut. Tentu ini bukanlah cara yang baik jika calon kepala Daerah dalam hal ini calon Wali Kota dan calon Wakil Walikota ingin melangkah memenangkan pemilihan kepala daerah.

Jika dilihat dari aspek sosial dan pendidikan, politik transaksional jelas akan berdampak pada munculnya pragmatisme baik dikalangan parpol maupun masyarakat. Parahnya jika ini terjadi dan dibiarkan mengakar di masyarakat, maka nilai nilai kejujuran dan kehendak masyarakat untuk bebas memilih menjadi tergadaikan. Hal ini jelas telah merusak tatanan norma dan juga nilai nilai kejujuran yang ada. Dalam hal mencegah hal ini terjadi pada Pilkada di kota Depok, penting bagi kita untuk melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk mewjudkan Pilkada Bersih di Kota Depok.

Dengan kesadaran yang tinggi, bahwa pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Depok adalah satu langkah yang akan berdampak pada kemajuan kota dan juga peningkatan pembangunan untuk Kota Depok di waktu yang mendatang. Maka proses menuju pemilihan hendaknya tidak diwarnai dengan politik uang serta transaksi jual beli suara dikalangan masyarakat. Sebab perbuatan tersebut adalah indikator yang jelas munculnya potensi prilaku koruptif dari Wali Kota dan Wakil Walikota yang akan kita pilih untuk memegang amanah nantinya. Oleh karenaitu, mari kita kawal bersama pemilihan kepala Daerah kota Depok dengan semangat mewujudkan perubahan dan menjadikan Depok lebih Baik. Proses akan menentukan hasil maka dengan menjaga proses pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Depok akan menentukan kualitas pemimpin yang akan kita dapatkan nantinya.

Kiriman dari :

Nama               : Nurfahmi Islami Kaffah
Pekerjaan         : Mahasiswa Fakultas Hukum UI, Ketua Leadership Project Gerakan anti Korupsi (Gerak)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)