Google Doodle Hari Ini Peringati Ulang Tahun ke-201 Adolphe Sax, Pencipta Saxophone

Google Doodle Hari Ini Peringati Ulang Tahun ke-201 Adolphe Sax, Pencipta Saxophone

HarianDepok.com – Tekno , Pada hari ini, Jumat (06/11/2015) mesin pencarian raksasa Google tengah memperingati ulang tahun Adolphe Sax, sang pencipta saxophone yang ke-201 melalui Google doodle nya. Pria yang memiliki nama lengkap Antoine-Joseph Sax ini sudah melahirkan macam-macam alat musik lain yang lekat dengan namanya, yakni saxtuba, saxotromba, dan saxhorn.

Ketika Anda berkunjung ke halaman utama pencarian google, mata Anda akan tertuju pada sebuah animasi sosok berjenggot yang sedang menghayati permainan saxophone yang ditiupnya. Adolphe Sax lahir di Belgia pada 6 November 1814 dan meninggal di Paris pada 7 Februari 1894 di usia ke-79 tahun. Darah musik mengalir di dalam dirinya dari sang ayah, Charles-Joseph Sax yang juga seorang pencipta instrumen musik.

Google Doodle Hari Ini Peringati Ulang Tahun ke-201 Adolphe Sax, Pencipta Saxophone

Kejeniusan Adolphe Sax sudah nampak sejak kecil, saat ia memberikan beberapa tambahan detail pada alat musik yang ada. Terobosan paling gemilang bermula di usia 24 tahun saat Sax berhasil mengembangkan desain bass clarinet. Sejak saat itu kariernya terus melesat, sampai mematenkan saxophone pada 28 Juni 1846. Alat musik yang satu ini digagas Sax untuk penggunaan baik di konser band maupun orkestra.

Tetapi kejayaan hidup Sax tidaklah seindah yang dibayangkan. Kesuksesannya menciptakan beberapa alat musik memacing kecemburuan dari berbagai pesaing. Kala itu banyak yang menggugat keabsahan paten Sax. Tuntutan demi tuntutan mulai mengiringi hidup Sax hingga akhirnya mengalami kebangkrutan dua kali, pada 1856 dan 1873.

Sax meninggal pada tahun 1894 di Paris dan di kebumikan di Cimetière de Montmartre. Tetapi instrumen musik ciptaannya sampai saat ini tidak pernah padam, terus digunakan, dan diperdengarkan dengan penuh keeleganan dan keanggunan. Google doodle pada hari ini, menampilkan hal itu dengan begitu indah.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: