Gunung Rinjani Meletus, Bandara Ngurah Rai Terpaksa di Tutup

Gunung Rinjani Meletus, Bandara Ngurah Rai Terpaksa di Tutup

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Akibat meletusnya Gunung Rinjani di Lombok Nusa Tenggara Barat, bandara Internasional Ngurah Rai, Bali terpaksa harus ditutup semantara. Menurut Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam keterangan terlulisanya menyebutkan bahwa berdasarkan Notice to Airman No. A2468/15 Bandara Ngurah Rai ditutup sementara sejak pukul 19.30 WITA sampai 23.30 WITA pada Selasa (03/11/2015).

Menurut Sutopo penutupan tersebut dilakukan berdasarkan dari Informasi BMKG dan Volcanic Ash Advistory Center (VAAC) di Darwin Australia. Ia pun mengumumkan bahwa Gunung Rinjani mulai mengalami letusan sejak Selasa pagi. Dari hasil pengamatan, Gunung Rinjani tercatat telah meletus beberapa kali dalam sehari. Dalam pengamatan tinggi letusan Gunung Rinjani mencapai sekitar 3.,500 meter dpal atau sekitar 1.000 meter atas kawah Barujari .

Dampak Letusan Gunung Rinjani adalah abu Vulkanik yang sangat halus. Abu halus Gunung Rinjani terbang dan terbawa angina ke Arah barat hingga ke Bali. Berdasarkan Citra Satelit Terra Sutopo mengatakan bahwa Abu Gunung Rinjani Terpantau sudah menutupi Selat Lombok, selat Bali hingga Banyuwangi, Hujan abu tipis pun melanda daerah tersebut. Tujuh desa di kabupaten Lombok Utara terjadi Hujan Abu

Sampai hari ini status Gunung Rinjani masih dalah Level Waspada (Level II) yang mulai diberlakukan sejak 25 September pada pukul 13.00 WITA.  Suptopo menyebutkan  bahwa  pihak PVMBG masih terus  melakukan pemantauan secara Intensif guna mengevaluasi tingkat aktivitas yang ada di Gunung Rinjani.Gunung Rinjani masih terdapat potensi terjadinya Letusan susulan.

Hal ini berdasarkan indikasi dengan terekamnya gempa tremor Hembusan dengan Aplitudo maksimum 2-3 mm dengan lama gempa sampai 5-10 detik. Ia pun mengimbau kepada warga dan wisatawan yang berkemah di kawasan Kaldera Gunung Rinjani dalam Radius 3 Kilometer untuk segera meninggalkan lokasi untuk mewaspadai letusan Gunung Rinjani yang lebih besar lagi.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok