ISIS Sebarkan Video Tembak Jatuh Pesawat Rusia, Ahli : Itu Menggelikan!

ISIS Sebarkan Video Tembak Jatuh Pesawat Rusia, Ahli : Itu Menggelikan!

ilustrasi

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Seorang ahli penerbangan menyebutkan bahwa rekaman video klaim kelompok ISIS menembak jatuh sebuah pesawat penumpang Rusia di wilayah Mesir sangat menggelikan. Dalam video tersebut, terdapat kebohongan besar terkait jenis pesawat yang diklaim ditembak jatuh. Seperti yang diberitakan sebelumnya, kelompok militan Sinai yang berfiliasi dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim menembak jatuh pesawat maskapai Kogalymavia dengan roket dan menewaskan 224 orang di dalamnya pada hari Sabtu pekan lalu.

Rusia dan Mesir membantah klaim kelompok militan tersebut.  Video klaim ISIS itu berkualitas buruk. Dalam video tersebut terlihat sebuah pesawat terbakar di udara sebelum jatuh dan menyisakan asap hitam. Tapi, ahli penerbangan Steve Chadwick, yang merupakan mantan komandan RAF dengan pengalaman 26 tahun di bidang penerbangan mengatakan video itu tidak hanya menunjukkan kesalahan jenis pesawat tapi juga soal kebakarannya.

“Ini menggelikan bahwa mereka mungkin mengklaim bahwa itu adalah Airbus 321. Itu bukan Airbus,” katanya kepada Mirror Online. ”Meskipun rekaman sangat kasar itu merupakan pesawat dengan mesin di bawah ekor. Jika mesin itu terbakar itu akan datang dari bawah sayap,” lanjut dia. Chadwick percaya bahwa pesawat dalam rekaman video ISIS itu adalah pesawat Ilyushin-62, yang oleh versi Rusia bernama VC10. Pesawat itu merupakan pesawat warisan dari tahun 1960-an dan masih digunakan.

Mantan pilot tersebut juga membantah klaim rekaman ISIS yang menunjukkan pesawat terkena tembakan. Menurutnya, rekaman itu diambil dari darat. “Jika pesawat itu dihantam dengan rudal dari permukaan ke udara, itu akan melenyapkan. Itu akan hancur. Apa yang mereka lakukan adalah mereka telah menemukan rekaman pesawat dengan mesin terbakar,” tutup Chadwick.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok