Depok Gelar Festival Perahu Pada 08 November 2015 di Situ Rawa Besar

Depok Gelar Festival Perahu Pada 08 November 2015 di Situ Rawa Besar

HarianDepok.com – Berita , Festival Perahu yang rencananya akan diselenggarakan pada Minggu 08 November 2015 dan bertempat di Situ Rawa Besar Kampung Lio, Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat ini menjadi salah satu kegiatan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan kota Depok khususnya di lokasi resapan yang dimana keberadaannya selama ini diabaikan begitu saja tanpa dimanfaatkan dengan baik keberadaannya.

Pengurus Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kota Depok Bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dalam mempersiapkan pergelaran festival perahu tersebut terlihat tengah mempersiapkan beberapa persiapan yang dimana saat ini tengah melakukan pembersihan dari berbagai sampah yang ada di dalam area situ.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad, Wakil Ketua DPRD, Yeti Wulandari selaku Pembina PODSI, Ketua KONI Amri Yusra, Ketua Pokja Situ Rawa Besar, Samsudin dan pengurus PODSI lainnya.

Ketua KONI, Amri Yusra dalam keterangannya mengenai festival perahu yang akan segera diselenggarakannya ini mengatakan, sampai saat ini peserta yang sudah berinisiatif dan mendaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut sudah mencapai 30 tim. Dan untuk perahu yang nantinya akan digunakan sudah dipersiapkan sebanyak empat buah untuk festival kali ini. Dan untuk satu tim yang akan mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari 10 pedayung dan satu orang penabuh. Sedangkan jarak yang akan ditempuh oleh tiap peserta panjangnya sekitar 200 meter.

“Untuk peserta yang ingin mengikuti festival ini tidak kami batasi. Makna dari digelarnya festival ini bukanlah untuk menang atau kalah, melainkan ditujukan sebagai kegiatan mensosialisasikan olahraga dayung sekaligus mempromosikan situ Rawa Besar sebagai salah satu wahana wisata, olahraga dan rekreasi yang ada di kota Depok,” tuturnya.

Amri pun mengatakan, kota Depok memiliki potensi sumber daya alam yang cukup banyak dimana kota Depok sendiri memiliki 23 situ yang dapat dimanfaatkan dan jika dikelola dengan baik maka akan dapat menghasilkan dan juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai salah satu tempat wisata alternatif.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan, melalui festival perahu yang pertama kali dilaksanakan di kota Depok ini diharapkannya agar dapat meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kestabilan akan kehidupan lingkungan yang selama ini diabaikan begitu saja.

“Depok harus bisa memberdayakan seluruh potensi alam yang ada. Melalui olahraga dan wisata diharapkan dapat meningkatkan dan membantu perekonomian masyarakat sekitar dengan harapan dapat mensejahterakan kehidupan penduduk sekitar. Apalagi situ Lio ini kan letaknya berada di tengah kota. Dengan diberdayakannya kembali situ ini, dapat membawa kota Depok menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.(Izl)

[ Andriidaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)