Sekab Buka Suara Soal Tudingan Rekayasa Foto Jokowi Dengan Suku Anak Dalam

Sekab Buka Suara Soal Tudingan Rekayasa Foto Jokowi Dengan Suku Anak Dalam

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pramono Anung selaku Sekretaris Kabinet menegaskan bahwa tidak ada rekayasa dalam foto Presiden Joko Widodo ketika berinteraksi dengan masyarakat dari Suku Anak Dalam di Jambi. Pasalnya, para netizen di media sosial sebelumnya ramai memperbincangkan keaslian foto tersebut. Pramono mengatakan bahwa tuduhan foto tersebut hasil rekayasa sudah di luar batas.

“Ini sudah di luar etik. Betul-betul Presiden dan beberapa teman media juga sama-sama hadir pada waktu itu di lapangan, sama sekali tidak ada rekayasa foto atau apapun,” tutur Pramono di Kantor Presiden, Senin (02/11/2015). Beberapa foto-foto Jokowi ketika bertemu dengan masyarakat Suku Anak Dalam di sebuah hutan sebelumnya menjadi viral di media sosial. Tetapi, ada beberapa netizen yang menuduh jika foto tersebut adalah hasil rekayasa karena pihak dalam foto-foto tersebut diduga orang yang sama.

Tetapi, Pramono menyebut bahwa tuduhan itu tak berdasar. Sebab, memang ada satu pria yang sama di dua foto berbeda. Namun, pria yang mengenekan kemeja batik bernama Husni Thamrin itu bertindak sebagai penerjemah bahasa Suku Anak Dalam. Sehingga, wajar saja jika ia nampak di dua foto yang berbeda. Pramono kembali menegaskan jika tidak ada unsur permbohongan publik dalam pertemuan antara Presiden dengan masyarakat adat yang tinggal nomaden di pedalaman Jambi itu.

“Itu bukan karakter Presiden kita,” ujar Seskab. Ditempat terpisah, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa nampak geram ketika memberikan klarifikasi atas tuduhan rekayasa itu. Khofifah, yang juga turut mendampingi Presiden ketika di Jambi, mengaku tidak habis pikir hingga ada netizen yang menuduh jika foto tersebut adalah hasil rekayasa.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok