Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail Selenggarakan Aksi Tanam Pohon

Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail Selenggarakan Aksi Tanam Pohon

HarianDepok.com – Berita , Dalam menjadikan wilayah kota Depok yang asri dan ramah lingkungan, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail yang pada beberapa waktu lalu menyempatkan diri melakukan aksi tanam pohon di Terminal Jatijajar pada beberapa hari yang lalu, dianggap sebagai salah satu budaya yang mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan.

Dari aksi tanam pohon tersebut, terlihat juga beberapa utusan perwakilan dari Polresta Depok, Kodim 0508 Depok, Perwakilan Kepala Organisasi, Kelompok Wanita Tani, Pelajar, Organisasi Kepemudaan dan diikuti juga oleh tokoh masyarakat dan warga sekitar yang turut senang akan adanya kegiatan aksi tanam pohon tersebut.

Kegiatan yang juga dibarengi oleh peringatan Hari Sumpah Pemuda saat itu, ditujukan untuk meningkatkan kualitas penghijauan di kota Depok yang didalamnya termasuk konservasi dan penambahan luas Ruang Terbuka Hijau (RTH) seperti yang tertuang di Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.5/PRT/M/2008 mengenai pemanfaatan RTH disetiap kota dengan besaran sebanyak 30 persen dari total keseluruhan luas wilayah kota.

Aksi tanam pohon yang bertemakan ‘Selamatkan Hidup Indonesia Selamatkan Bumi, Aksi Hijau Pemuda Kini, Selamatkan Pemuda Mendatang,’ lokasi penanaman pohon disebar dan dibelah menjadi lima lokasi. Untuk total keseluruhan pohon ditanam sebanyak 235 pohon yang dibagi lagi menurut kebutuhan yang dimana zona satu sebanyak 40 pohon, zona 2 sebanyak 35 pohon, zona 3 sebanyak 50 pohon, zona 4 sebanyak 10 poho. Dan zona 5 sebanyak 100 pohon.

“Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, kita melakukan kegiatan yang bersifatnya membangun seperti mengajak menyelamatkan generasi pemuda di masa depan dengan melakukam kegiatan penanaman pohon yang dapat memberikan banyak manfaat untuk seluruh elemen masyarakat di kota Depok. Mulai dari anak anak, remaja sampai dengan yang lansia,” katanya.

Ia pun menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami bermacam macam tanaman dan tumbuh tumbuhan yang dapat memberikan manfaat bagi si penanamnya sekaligus oranglain yang ada disekitarnya. Nantinya pada penanaman pohon tersebut dapat dimanfaatkan kembali untuk dijadikan sebagai paru paru lingkungan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan sayur mayur dan buah buahan sendiri.

“Dengan memberikan contoh penanaman pohon, kami mengharapkan dapat memberikan inspirasi serta manfaat besar untuk paru paru kota Depok,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: