ISIS Klaim berhasil Jatuhkan Pesawat Rusia

ISIS Klaim berhasil Jatuhkan Pesawat Rusia

ilustrasi

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pesawat Metrojet Kogalymavia berjenis Airbus A321 milik Maskapai Rusia, sebelum jatuh di wilayah Pegunungan Sinai diduga hancur terlebih dulu di udara. Dugaan tersebut dinyatakan oleh Kepala Komite Penerbangan Antarnegara Rusia ketika mengunjungi lokasi kecelakaan.

“Kehancuran terjadi di udara. Ini dibuktikan dengan pecahan pesawat yang tersebar di area seluas 20 hektar. Tetapi, masih terlalu dini untuk mengambil kesimpulan penyebab jatuhnya pesawat,” tutur Victor Sorochenko, demikian yang dilaporkan Reuters, Senin (02/11/2015).

Aleksandr Neradko selaku Kepala Agen Transportasi Udara Rusia pun menguatkan dugaan Sorochenko. Menurut Neradko, semua bukti memang menunjukkan bahwa bagian-bagian pesawat tercerai berai di udara pada ketinggian 31 ribu kaki. Kelompok militan yang berafiliasi dengan ISIS di Sinai mengklaim berhasil menjatuhkan sebuah pesawat melalui akun sosial media. Tetapi, Pemerintah Mesir lewat Perdana Menteri Sharif Ismail membantah klaim tersebut.

Menurut dia, senjata kelompok militan tersebut tidak akan mampu mencapai ketinggian pesawat. Maksim Sokolov, Kementerian Perhubungan Rusia juga membantah keterlibatan ISIS. Menurut Sokolov, tidak ada bukti kelompok militan ISIS menjadikan pesawat tersebut sebagai target serangan. Pernyataan pria berusia 47 tahun itu didasarkan pada fakta tidak adanya gambar atau video yang dirilis oleh ISIS seperti biasanya ketika mereka melakukan serangan.

Pihak penyelidik Mesir sudah mulai meneliti black box atau kotak hitam pesawat yang berhasil ditemukan pada Sabtu (31/10/2015) siang waktu setempat. Presiden Mesir, Abdul Fattah El Asisi, menyebutkan penyelidikan akan berlangsung cukup lama. Ia meminta agar jangan ada spekulasi dari sebelum penyebab kecelakaan secara resmi diumumkan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok