Walikota Depok Canangkan Zona Integritas Anti Korupsi

Walikota Depok Canangkan Zona Integritas Anti Korupsi

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Indonesia dalam memerangi korupsi di tanah air mendapat dukungan penuh dari Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail yang mengaku siap untuk mendukung program pemerintah pusat dalam memerangi korupsi di lingkungan pemerintahan khususnya pemerintah kota (Pemkot) Depok.

Dalam penegakkannya, Nyr menginginkan agar seluruh instansi dan jajaran yang ada di Pemkot Depok untuk terus bahu membahu bekerjasama mencegah dan mengawasi suatu penyalahgunaan wewenang yang berpotensi  mengarah ke kasus korupsi yang menguntungkan pihak tertentu saja tanpa mempedulikan undang undang dan moral.

“Komitmen ini kita sepakati bersama secara Nasional dengan berlandaskan undang undang yang ada mengenai kasus korupsi atau dengan lembaga khusus anti korupsi yang telah ada seperti KPK. Pengokohan aparatur lembaga penegak hukum dan berbagai macam upaya yang lainnya bisa menjadi langkah konkrit dalam mencegah terjadinya kasus korupsi,”  tuturnya di Depok, Sabtu (31/10/2015).

Dari penjelasannya, tindakan penyelewengan kekuasaan dan jabatan dapat mengakibatkan kerugian di berbagai pihak. Oleh sebab itu, eloknya seluruh instansi yang beridiri di Pemkot Depok dapat bersungguh sungguh dan tulus dalam memerangi tindakan korupsi ataupun penyelewengan jabatan yang dapat mengakibatkan runtuhnya moral bangsa dan merugikan banyak pihak.

Diketahui bahwa saat ini kota Depok adalah salah satu dari 275 kota se Indonesia yang telah meulai membangun wilayah bebas dari korupsi (WBK). Yang telah disepakati bersama menuju pembangunan zona integritas yang langsung dibacakan oleh Walikota Depok yang diikuti oleh para Asisten, seluruh Kepala OPD, Camat, Lurah, dan pejabat penting lainnya yang ada di lingkungan Pemkot Depok.

Di lain waktu, Perwakilan dari Lembaga Ombudsman Republik Indonesia, Hendro Nur Cahyo mengatakan, menyambut dengan baik akan adanya niat kota Depok yang telah mencanangkan zona integritas di wilayahnya. Diharapkannya kedepan Pemkot Depok dapat langsung bekerjasama dan saling bersinerfu dengan lembaga Ombudsman untuk bersama sama mengawasi dan mengantisipasi korupsi di lingkungan masing masing.

“Hal ini merupakan yang paling penting terkait posisi dan dalam hal pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik lagi dan bersih dari adanya tindakan korupsi. Semoga pada kedepannya kita semua dapat terus menjalin kerjasama menjalankan fungsi masing masing untuk melakukan pengawasan dan pemantauan untuk mencegah terjadinya korupsi yang sangat meresahkan masyarakat,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)