Satpol PP Depok Tertibkan Bangunan Liar di Jalan Leli Jaya Depok

Satpol PP Depok Tertibkan Bangunan Liar di Jalan Leli Jaya Depok

HarianDepok.com – Berita , Pada beberapa waktu lalu, sebanyak 150 petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Depok, bergerak bersama sama menuju Jalan Leli Jaya dan Sumatera, Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, guna menertibkan sejumlah bangunan liar yang berdiri disepanjang jalan tersebut.

Sebanyak 40 bangunan liar yang berdiri dengan mudah diratakan dengan tanah tanpa mendapatkan perlawanan yang berarti dari para pemilik bangunan liar tersebut. Untuk merobohkan puluhan bangunan pada saat itu, petugas pun juga menurunkan alat berat untuk membantu pembongkaran bangunan yang bertipe permanen, semi permanen dan non permanen.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Nina Suzanna dalam menanggapi kegiatan penertiban tersebut mengatakan, pihaknya selaku petugas yang diberikan wewenang oleh Pemkot Depok untuk mengatasi hal tersebut telah menjalankan semua prosedur penertiban dengan berlandaskan kebijakan dari pemerintah dengan memberikan SP 1, 2 dan 3 sebelum adanya prosesi pembongkaran paksa.

“Syukur pada penertiban kali ini, tidak ada perlawanan dari para pemilik bangunan liar si sepanjang jalan Leli dan Sumatera. Kondisi pada saat ditertibkannya bangunan tersebut berjalan sangat kondusif dan para pemiliknya pun juga kooperatif. Ini semua disebabkan oleh adanya pemberitahuan yang sebelumnya sudah kami layangkan kepada mereka,” jelasnya, Sabtu (31/10/2015).

Jumlah bangunan liar yang jumlahnya tidak terlalu banyak dan kondisi lingkungannya yang terbilang kondusif menjadikan pihaknya hanya menurunkan tenaga sebanyak 150 personil saja dengan mensertakan alat berat sebagai perangkat pendukung jalannya penertiban bangunan liar tersebut. Namun, demi mengantisipasi akan timbulnya hal hal yang tidak diinginkan, pihaknya pun meminta bantuan kepada pihak Kepolisian kota Depok untuk mengawasi jalannya penertiban bangunan liar.

“Di setiap penegakkan ketertiban yang kami lakukan, kami selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian kota Depok untuk turut membantu mengawasi jalannya prosesi penertiban guna mencegah timbulnya konflik dan perlawanan dari para pemilik bangunan liar. Selain itu, pihak kepolisian juga biasanya membantu kami untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas yang terjadi pada saat penertiban sedang dilaksanakan,” ujarnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: