Google Doodle Hari Ini Peringati HUT George Boole ke-200

Google Doodle Hari Ini Peringati HUT George Boole ke-200

HarianDepoki.com – Tekno , Tepatnya hari ini, Senin (02/11/2015), mesin pencarian raksasa Google turut mengenang hari lahir salah seorang ilmuwan terkenal dunia. Lewat Doodle nya, Google mengangkat tema tentang George Boole yang merupakan seorang ahli matematika dari Inggris. Selain sebagai matematikawan, George juga dikenal sebagai sorang filsuf dan logician, di mana karyanya ditetapkan sebagai dasar untuk ilmu komputer modern. Ia lahir di Lincoln, Inggris pada tanggal 2 November 1815.

Bila dihitung, hari ini merupakan hari ulang tahun George yang ke-200 dan menjadi alasan Google menjadikannya tema pada halaman utama mesin pencari mereka di internet. George wafat di usia 49 tahun, tepatnya pada tanggal 8 Desember 1864 di County Cork, Irlandia. Selama hidupnya, Geroge dikenal sebagai Bapak Era Informasi dikarenakan kontribusi ilmu modern melalui Aljabar Boolen yang berpusat pada gagasan.

Google Doodle Hari Ini Peringati HUT George Boole ke-200

Ia juga dikenal karena kepintarannya yang dituangkan dalam sebuah buku. Salah satunya adalah buku berjudul An Investigation of the Laws of Thought. Ketika meluncurkan buku tersebut, usianya sudah menginjak angka 39 tahun. Meskipun terlihat sudah tua, tetapi ide brilian George tetap digunakan hingga saat ini. Beberapa Postulat yang sudah ia kembangkan diantaranya lambang pada istilah K, +, X, di mana K adalah sebuah himpunan yang tidak bisa ditentukan.

Sedangkan pada beberapa elemen seperti a, b, c, …, dan a + b juga a x b, adalah hasil dari sekitar 2 operasi biner yang tidak bisa ditentukan, +, X. Apabila akan kita telusuri, maka ide dari George Boole akan terangkum pada 10 postulat, yakni:

I a. Apabila ada a dan b berada dalam himpunan K, maka a + b masuk himpunan K

I b. Apabila ada a dan b berada dalam himpunan K, maka ab masuk himpunan K

II a. Terdapat elemen Z sehingga a + Z = a berlaku untuk setiap elemen a.

II b. Terdapat elemen U sehingga aU = a berlaku untuk setiap elemen a.

III a. a + b = b +a

III b. ab = ba

IV a. a + bc = (a + b)(a+ c)

IV b. a(b + c) = ab + ac

  1. Untuk setiap elemen a terdapat elemen a’ sehingga a + a’ = U dan aa’ = Z
  2. Terdapat minimal dua elemen berbeda dalam kelompok K.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: