PMI Kota Depok Sosialisasikan Program PHBS Ke Sejumlah Sekolah Di Depok

PMI Depok, Program PHBS, Dinkes Depok

Ilustrasi – Photo : ksrpmi.uns.ac.id – KSR PMI UNIT UNS

HarianDepok.com – Berita , Penerapan perilaku hidup sehat kepada siswa siswi disekolah oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok pada beberapa waktu lalu dimaksudkan sebagai salah satu upayanya dalam merubah perilaku masyarakat yang saat ini kebanyakan masih belum sadar akan pentingnya menjaga kesehatan.

Selain pihak Dinkes Kota Depok yang saat ini gencar mensosialisasikan PHBS, Palang Merah Indonesia (PMI) kota Depok pun saat ini juga melakukan hal yang sama dengan membantu pemerintah dalam mensosialisasikan perilaku hidup sehat di sejumlah siswa siswi sekolah yang ada di wilayah kota Depok.

Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, Mujtaba Iskandar dalam menanggapi perihal tersebut mengatakan, kegiatan mensosialisasikan perilaku hidup sehat yang saat ini masih terus dilancarkan oleh pihaknya dianggapnya sebagai salah satu upayanya dalam membantu meningkatkan kesehatan di kalangan siswa siswi sekolah dan juga membantu pemerintah dalam mensosialisasikan PHBS ke masyarakat.

“Kurangnya fasilitas kesehatan dan sanitasi yang memadai disekolah menjadi salah satu ancaman nyata para siswa siswi sekolah dari berbagai penyakit. Lain daripada itu usia siswa siswi yang masih dalam fase perkembangan juga merupakan usia yang paling rentan terserang penyakit. Maka daripada itu, kami berinisiatif membantu program pemerintah untuk meningkatkan kesehatan di lingkungan masyarakat dengan menjalankan program PHBS di lingkungan sekolah,” tuturnya di Depok, Jum’at (30/10/2015).

Ia pun menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut telah dijalankannya di sejumlah sekolah yang ada di kota Depok yang diantaranya di Sekolah Dasar Negeri RatuJaya 3 dan Ratujaya 4 yang pada saat itu pihaknya ikut mensosialisasikan akan pentingnya perilaku hidup sehat.

“Di dalam mensosialisasikan hal tersebut, kami mengajak seluruh siswa siswi untuk dapat membiasakan diri berperilaku hidup sehat dimanapun. Mulai dari mencuci tangan dengan menggunakan sabun sampai dengan pentingnya menggunakan pakaian yang bersih dan rapi agar terhindar dari berbagai penyakit. Selain daripada itu, kami pun juga berencana mengadakan kegiatan gosok gigi di SDN Ratujaya,” ujarnya.

Dengan diadakannya kegiatan PHBS di lingkungan sekolah diharapkannya seluruh siswa siswi sekolah agar dapat diterapkan di lingkungan tempat tinggalnya sehingga dapat menularkan kebiasaan tersebut ke orang lain. Selain dapat meningkatkan kesadaran masyarakat secara tidak langsung, hal tersebut juga dapat mempengaruhi perilaku siswa siswi sekolah yang tadinya awam akan perilaku sehat menjadi tahu dan mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan sedini mungkin.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: