Tarif Perawatan di RSUD Depok Mengalami Kenaikan

Tarif Perawatan di RSUD Depok Mengalami Kenaikan

HarianDepok.com – Berita , Rencana pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok yang sampai saat ini belum diketahui pasti pembangunannya akan dikerjakan kapan, malah kenaikan tarif yang terlihat saat ini akan diberlakukan oleh pihak rumah sakit yang mengatakan hal tersebut sangatlah perlu dilakukan mengingat sampai saat ini tarif perawatan tidak sebanding dengan biaya pelayanan.

Pernyataan tersebut dilontarkan langsung oleh Direktur Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kota Depok, Dewi Damayanti di kantornya yang mengaku kenaikan tarif dasar ini perlu dilakukan penyesuaian mengingat pembangunan gedung baru RSUD yang katanya akan segera dilakukan pada awal tahun 2016 mendatang.

Kenaikan tarif yang saat ini akan diberlakukan mengacu kepada rancangan peraturan daerah yaitu untuk tarif rawat jalan yang awalnya 5.000 rupiah menjadi 35.000 rupiah sedangkan untuk tarif rawat inap yang tadinya hanya 10.000 rupiah disesuaikan lagi menjadi 30.000 rupiah. “Kenaikan ini sesuai dengan jenis layanannya,” tuturnya.

Kenaikkan tarif ini selain mengacu kepada penyesuaian pelayanan disebabkan juga dengan adanya perubahan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kota Depok yang saat ini telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). “Untuk tarif dasar yang akan dikenakan, biayanya masih terbilang jauh dari tarif layanan rumah sakit swasta,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat, Siti Nurjanah dalam menyikapi kenaikan tarif dasar pelayanan RSUD Depok saat ini nengatakan, untuk tetap diberikan pelayanan gratis di kesehatan kelas III sesuai denhan ketentuan dan penyesuaian kategori tidak mampu. Hal ini mengacu kepada adanya penyesuaian Rancangan Revisi Perda tentang Tarif Layanan Kesehatan Kelas III RSUD Kota Depok.

Siti menjelaskan, besaran tarif pelayanan kesehatan yang saat ini mengalami perubahan eloknya memperhatikan pertumbuhan ekonomi, biaya pelayanan dan perubahan aturan perundang undangan sehingga tidak memberatkan masyarakat khususnya masyarakat golongan rendah dan tidak mampu.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)