Minum Air Hangat Lebih Baik Daripada Air Es, Ini Sebabnya!

Minum Air Hangat Lebih Baik Daripada Air Es, Ini Sebabnya!

HarianDepok.com – Kesehatan , Banyak orang percaya bahwa minuman dingin lebih menyegarkan tubuh serta mampu membakar kalori. Namun sayang, sejumlah bukti menemukan, minum es di cuaca panas justru bisa menganggu saluran pencernaan. Setidaknya ada empat alasan mengapa mengonsumsi air hangat lebih baik daripada air dingin. Berikut adalah ulasannya seperti yang dilansir Dailyhealthpost, Rabu (28/10/2015) :

  1. Air es dapat memengaruhi pencernaan

Menurut sebuah studi dari Journal of Physiology, pengaruh suhu minuman bisa berdampak serius pada sistem pencernaan Anda. Walau efeknya bervariasi, tapi konsep pengobatan Cina menemukan, minum es setelah makan dapat memperlambat proses cerna.

  1. Air dingin melemahkan sistem kekebalan tubuh

Minum air dingin usai makan akan membuat tubuh meproduksi lendir berlebih yang bisa menyebabkan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih mudah pilek atau flu.

  1. Air es memengaruhi limpa

Dalam tradisi akupunktur, limpa dianggap membutuhkan suhu normal supaya dapat berfungsi dengan baik. Limpa yang sehat sangat penting untuk melindungi tubuh dari patogen dan melawan infeksi.

  1. Air es memperburuk kondisi kesehatan

Menurut sebuah studi oleh Eurpean Society of Pediatric Alergy and Imunology, air es bisa memperburuk gejala asma pada anak. Studi lain menemukan, 7,6 persen peserta penelitian mengalami sakit kepala usai meminum segelas air es.

Lalu apa manfaat minum air hangat atau air suhu normal? Selain membantu Anda tetap terhidrasi, minum air dengan suhu biasa bisa mempermudah proses pencernaan dan merangsang enzim alami tubuh.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: