Aksi TNI AL Tari Kecak Di Dasar Laut Dan Kolone Senapan Di Buleleng

aksi-tni-al-tari-kecak-di-dasar-laut-kolone-senapan-di-buleleng

HarianDepok.com – Berita Unik – Prajurit Pasmar-1 Korps Marinir TNI AL memeriahkan pembukaan Buleleng Bali Dive Festival (BBDF) 2015 yang dilaksanakan di Desa Pemuteran, Buleleng, Bali, Jumat (23/10). Delapan prajurit Yontaifib-1 Marinir melaksanakan terjun free fall dengan dropping zone (DZ) berada di pantai tepat di depan podium dan tenda tamu undangan.

Di antara para penerjun tersebut terdapat satu penerjun yaitu Kopda Marinir Eko Sursetyono membawa Bendera Merah Putih. Penerjunan yang dipimpin langsung oleh Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Yontaifib-1 Marinir Mayor Marinir Muhammad Abdillah tersebut menggunakan pesawat Cassa NC 212 U-622 Skuadron 600 Wing Udara-1 Puspenerbal dari ketinggian 6.000 kaki.

Selain terjun free fall, di kedalaman 8 meter di bawah permukaan air laut, prajurit dari Yontaifib-1 Marinir, Brigade Infanteri-1 Marinir, penyelam resort setempat dan penyelam mancanegara yang sedang berlibur ke Pulau Bali melaksanakan penyelaman dengan memperagakan tari kecak mengelilingi substrat patung Dewi Kwan Im.

Kemudian di panggung utama yaitu di tepi pantai Pemuteran, prajurit Korps Marinir dari Brigif-1 Marinir melaksanakan demonstrasi kolone senjata. Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menerangkan, Bali memiliki pantai terpanjang dari Timur ke Barat potensi maritim menjadi keunggulan masyarakatnya.

“Melalui BBDF kami berharap seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat dari kegiatan festival diadakan. Laut Buleleng juga harus dijaga dengan pengamanan ketat dari aksi-aksi perusakan dan pencurian alam bawah laut,” katanya dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (25/10).

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, menyematkan jaket Korps Marinir kepada Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan Agung Prana dari pembina Yayasan Karang Lestari. Dalam sambutannya, Komandan Pasmar-1 mengatakan, pengangkatan kedua tokoh tersebut menjadi warga kehormatan Korps Marinir karena mempunyai misi serta komitmen yang sama dengan Korps Marinir dalam penyelamatan laut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjdira, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Budi Prasetyo, Kapolres Buleleng AKBP Harry Haryadi, Rektor Undiksha Nyoman Jampel, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali A.A Gede Yuniartha Putra, Deputi BP3N Esthy Reko Astuti, Asisten Protokol Menteri Pariwisata Ketut Wirawan, dan Jamaul Yadin, Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut Aryo Hanggono, beserta undangan lainnya.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer