Meski Kebakaran Berhasil Ditanggulangi, BPBD Tetap Siaga di Gunung Lawu

Meski Kebakaran Berhasil Ditanggulangi, BPBD Tetap Siaga di Gunung Lawu

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Lawu sudah berhasil ditanggulangi. Kobaran api yang sempat menjalar sampai ke pemukiman warga di Dusun Semoro Sewu Kelurahan Sarangan Kecamatan Plaosan Magetan pun kini telah padam.  Walau kebakaran sudah dapat ditangani, tapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan beserta aparat Kepolisian masih terus berjaga-jaga.

Seperti yang dikatakan Kepala BPBD Magetan Agus Lewis, Selasa (27/10/2015)”Api sudah berhasil kita padamkan sore ini. Dibantu dengan satu unit mobil pemadam kebakaran dan lima unit mobil pengangkut air,” tuturnya. Agung menyebutkan pada Senin (26/10/2015) kobara api sebenarnya sudah padam. Tapi pagi tadi api kembali menyala. Ini disebabkan karena banyaknya medan Gunung Lawu yang terdapat banyak bebatuan, sehingga banyak dedaunan yang terhimpit dicelah-celah bebatuan.

“Itu yang membuatkita sulit memadamkan api, karena api ada disela-sela batu tersebut,” sambungnya. Rencananya pada hari ini, Rabu (28/10/2015) BPBD Magetan bersama dengan jajaran dari TNI, Kepolisian, Perhutani dan  warga Semoro Sewu akan bergotong royong membuat ilaran (sekat bakar). Ini dilakukan untuk mengantisipasi munculnya api lagi sehingga tidak menjalar kepemukiman.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok