Korban Tewas Akibat Gempa Bumi Afghanistan-Pakistan Sebanyak 229 Orang

Korban Tewas Akibat Gempa Bumi Afghanistan-Pakistan Sebanyak 229 Orang

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pada Senin (26/10/2015) kemarin gempa berkekuatan besar yang melanda timur laut Afghanistan juga dirasakan di Pakistan, Tajikistan dan India. Dilaporkan ratusan orang tewas, serta sejumlah bangunan pun runtuh dan kepanikan melanda. Kepanikan tersebut berujung kematian. Di Provinsi Takhar, Badakhshan barat, setidaknya ada 12 murid sekolah wanita meninggal dunia akibat terinjak-injak.

Insiden memprihatinkan tersebut terjadi ketika mereka berusaha lari dari bangunan yang berguncang hebat, dalam kondisi panik. Demikian yang dikatakan Sonatullah Taimor, juru bicara pemerintah provinsi. Sebanyak 30 murid lainnya dilarikan ke rumah sakit di ibukota provinsi Taluqan. Sedangkan kematian juga dilaporkan dari Jalalabad, Afghanistan.

Dalam sebuah laporan awal, otoritas Afghanistan, Pakistan dan India melaporkan ada 229 orang tewas dan ratusan korban luka-luka. Diperkirakan jumlah korban akan meningkat karena masih banyak jalur komunikasi yang terputus, terutama di pedesaan. Di Pakistan sendiri sebanyak 154 orang meninggal dunia. Sedangkan pejabat pemerintah Afghanistan mengumumkan terdapat 74 orang tewas.

Di India, di Jammu dan Kashmir 1 orang tewas. Menurt Geological Survey United States atau Survei Geologi Amerika Serikat, gempa yang berpusat di kedalaman perut Bumi umumnya tidak menimbulkan kerusakan yang berarti. Pusat gempa itu sendiri berada di daerah Jarm, sebuah kawasan pedesaan yang berpenduduk padat. Tapi akibat infrastruktur buruk maka proses evakuasi pun terhambat.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok