Pemerintah Luncurkan Formula Upah Baru Bagi Buruh

Pemerintah Luncurkan Formula Upah Baru Bagi Buruh

HarianDepok.com – Bisnis , Akhirnya pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan usai PP tersebut ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Haiyani Rumondang selaku Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan, upah minimum  (UM) yang diatur dalam PP tersebut berlaku bagi pekerja atau buruh dengan masa kerja kurang dari 1 tahun.

Sementara upah bagi pekerja atau buruh dengan masa kerja 1 tahun atau lebih bisa dirundingkan secara bipartit antara pekerja dan pengusaha di perusahaan yang bersangkutan berdasarkan struktur dan skala upah. Haiyani menjelaskan, penetapan upah minimum 2016 sudah memakai aturan PP ini.

“Penerapan UM lewat formula ini bertujuan untuk menjaga agar upah tidak merosot atau jatuh di bawah standar. Inilah bentuk kehadiran negara untuk melindungi para pekerja supaya pekerja tidak dibayar di bawah UM,” tutur Haiyani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Haiyani menambahkan, formula kenaikan upah yang diatur dalam PP pengupahan ini memberi kepastian kenaikan upah setiap tahun bagi pekerja maupun buruh dan kepastian besaran kenaikan upah tiap tahun. “Kita pastikan upah pekerja atau buruh naik setiap tahun. Fungsi upah minimum sebagai jaring pengaman (safety net). Dengan demikian, bagi yang sudah bekerja lebih dari  satu tahun diterapkan berdasarkan  struktur dan skala upah yang dirundingkan di perusahaan masing-masing,” ujarnya.

Haiyani menyebut, kehadiran negara sangat penting untuk melindungi para pekerja terutama yang bekerja di bawah masa kerja 1 tahun. Hadirnya negara selain menjamin adanya standar upah minimum juga untuk memberikan perlindungan mengurangi biaya-biaya pengeluaran para pekerja.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: