Tim Damkar Berhasil Kendalikan Kebakaran Gunung Lawu Yang Nyaris Mendekati Permukiman

Tim Damkar Berhasil Kendalikan Kebakaran Gunung Lawu Yang Nyaris Mendekati Permukiman

foto: kompas.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Setelah sebelumnya sempat dipadamlan, namun api kembali terlihat berkobar membakar rerumputan dan semak belukar kering yang terdapat  di sekitar lereng Gunung Lawu. Api tersebut kemudian merambat ke belakang pemukiman Warga di Cemoro Sewu Ngancar Plaosan Kabupaten Magetan Jawa Timur. Sejumlah tim pemadam kebakaran pun berupaya mengandalikam rembetan api. Walau sudah berhasil dipadamkan, asap Kebakarana lereng Gunung Lawu masih nampak ngebul dibelakang rumah warga Cemoro Sewu.

Pada hari Senin (26/10/2015) api terlihat menyala kembali sekitar pukul 09.30 WIB di belakang sederat rumah-rumah warga di sekitar jalur pendakian Cemoro Sewu. Kepulan Asap yang dikawatirkan merupakan api yang menjalar mulai diupayakan pemadamannya. Para petugas pemadam berupaya keras memadamkan api. Hal ini terlihat dari beberapa tangki mobil pemadam kebakaran yang bolak-balik menyuplai air untuk memadamkan api di Belakang Rumah warga.

Tim pemadam Kebakaran Menyambung selang-selang panjang untuk bisa menjangkau titik api dan sisa-sisa kebakaran lerenag Gunung Lawu. Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Suparman di Cemoro Sewu mengatakan sebanyak 150 personel gabungan dari BPBD mangetan Basarnas Perhutanu BPBD Karanganyar , Sukarelawan, dan Warga dikerahkan untuk memadamkan api. Selain fokus untuk memadamkan api ia mengtakan Tim Juga fokus dalam menangani sisa-sisa api yang menjalar.

Lebih jauh Suparman mengatakan bahwa Kebakaran saat ini terjadi karena rembetan api di Lereng Gunung Lawu yang terbakar beberapa hari lalu. Upaya pemadaman dibantiu juga denagn pemadam kebakaran Karanganyar Sragen dan Solo sekarta Sujkoharjo. Menurut Suparman Upaya pemadaman kebakaran dan pembasahan sisa kebakaran di dikat pemukiman warga yang membesar pada Minggu malam mengalami kesulitan karena jauh daru sumber Air.

Di Area Pos Pendakian Cemoro Kangang BPBD karanganyar menyaiagakan Mobil pemadam kebakaran. Pemadaman ini diantisipasi jika kebakaran sudah tidak terkendali serta merembet turun ke pemukiman Warga. Antisipasi ini juga dilakukan supaya api tak sampai merusak semua fasilitas Umum seperti jaringan listrik, jaringan air bersih serta merembet ke jalan. Sedangkan Jalan Magtean menuju Tawangmangu sampai saat ini masih dibuka untuk lalu lintas umum.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok