Miris, Kantor KPU di Depok Masih Ngontrak

Miris, Kantor KPU di Depok Masih Ngontrak

HarianDepok.com – Berita , Keberadaan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Depok yang saat ini masih dalam keadaan mengontrak dan tidak layak disebut kantor ini menjadi perhatian dari sejumlah politisi di tanah air yang mengaku sangat prihatin melihat keadaan kantor KPU kota Depok yang dianggapnya jauh dari perkiraannya.

Pasalnya, kantor KPU kota Depok yang ada saat ini, keberadaannya tidak tetap dan masih mengontrak kesana kemari. Maka daripada itu Presiden Direktur Center for Election and Political Party (CEPP), Khusnul Mariyah langsung mendesak kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berikut para dewannya untuk segera turun tangan dalam menangani permasalah ini secepat mungkin.

“Pada waktu saya masih menjabat sebagai anggota di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, kami memberikan anggaran untuk membangun kantor tetap kepada KPU di daerah. Namun yang sekarang terjadi, kantor KPU mengontrak, apa sih yang dilakukan oleh para pejabat di Depok selama ini,” keluhnya kepada wartawan, Senin (26/10/2015).

Perihal ini langsung dilontarkannya pada saat dirinya menghadiri kegiatan media gathering yang diselenggarakan di kantor KPU Depok di gedung pertemuan Sekarpeni pada Jum’at (23/10/2015) yang lalu.

Ia menegaskan bahwa, KPU Pusat telah menginstruksikan agar KPU daerah untuk dapat segera melakukan pembangunan gedung secara tetap agar kinerja dan performa kerja para petugas KPU bisa berjalan dengan baik, bahkan pada saat dirinya masih menjabat sebagai anggota KPU Pusat, ia pun juga menginstruksikan untuk mendirikan sebuah bangunan untuk dijadikan sebagai gudang.

“Kalau kantor KPU ngontrak dan pindah pindah begini, gimana mau membangun gudang,” katanya.

Menurut penilaiannya sampai saat ini, janji yang dilontarkan oleh pihak DPRD untuk memprioritaskan gedung KPU di tahun 2016 dianggapnya hanyalah sebatas angan angan saja. Karena sampai saat ini, Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan gedung KPU belum terlihat.

“Sampai saat ini Detail Engineering Design (DED) kantor KPU saja belum ada, gimana mau bangun kantor. Saya minta kepada para instansi terkait untuk memperhatikan hal ini betul betul karena KPU adalah salah satu elemen pendukung kemajuan negeri ini,” tuturnya.

Di lain pihak, Kepala Seksi Pembangunan Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Distarkim) kota Depok, Sriyanto menerangkan, Pemkot sampai saat ini masih mempunyai kebijakan hanya meminjamkam lahan saja yang diperuntukkan sebagai kantor KPU. Namun, untuk pembangunan fisiknya seperti yang dijanjikan oleh Walikota Depok dan pihak dewan, masih belum mendapatkan kepastian.

Apakah akan dibangunkan kantor dari pusag atau langsung dari pemerintah daerah. “Sejauh yang sampai saat ini kami terima informasinya, pemkot hanya mampu melakukan pinjam pakai gedung,” katanya.

Dan menurut informasi yang dihimpun bahwa sampai saat ini, dana untuk perencanaan pembangunan gedung KPU oleh Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) masih belum ada kepastiannya akan diturunkan atau tidak. “Kebijakan dalam hal tersebut ada di pihak DPPKA, sampai saat ini kami masih menunggu instruksi. Jika memang instruksi pembangunan sudah kami terima, pasti kami langsung laksanakan,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: