Tjahjo Kumolo Minta Pejabat Yang Bocorkan Risma Tersangka di Copot Jabatannya

Tjahjo Kumolo Minta Pejabat Yang Bocorkan Risma Tersangka di Copot Jabatannya

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yakin, bahwa kabar penetapan tersangka Tri Rismaharini hanya bermuatan politis.  Mendagri pun meminta supaya pejabat pemerintahan yang pertama kali mengungkapkan kabar tersebut agar dicopot dari jabatannya.  “Yang membocorkan itu yang harus diganti karena membuat gaduh seperti ini. Apakah humas atau siapanya, saya tidak tahulah,” tutur Tjahjo di Kompleks Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (24/10/2015).

Orang yang pertama kali mengungkap kabar Risma menjadi tersangka adalah Romy Ariezyanto, seorang Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Romy menambahkan, pihak kejaksaan telah menerima surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) perkara dugaan penyalahgunaan wewenang dari Ditreskrimsus Polda Jawa Timur dengan tanggal 30 September 2015 lalu. Di dalam SPDP tersebut, nama Risma tertulis sebagai tersangka.

Tjahjo melanjutkan, salah satu indikator bahwa kabar tersebut diyakini bermuatan politis adalah waktu pengusutan perkara itu sendiri. Berdasarkan dari laporan yang diterimanya, perkara tersebut dimulai pada Mei 2015, dan ditingkatkan ke tahap penyidikan pada September 2015. “Kenapa baru ributnya sekarang saat menjelang pilkada? Itu laporannya masuk Mei kok ya baru sekarang?” ucapnya.  Tjahjo mengakui bahwa pemerintah mengalami kesulitan dalam meredam kegaduhan-kegaduhan semacam ini. Pasalnya, hal tersebut merupakan sebuah dinamika politik.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok