Dukungan Pemkot Depok Terhadap Pemberian ASI Eksklusif

Dukungan Pemkot Depok Terhadap Pemberian ASI Eksklusif

HarianDepok.com – Berita , Dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif memang perlu diacungi jempol. Pasalnya, kota Depok yang hanya sebatas kota penyangga saja, mampu untuk mewujudkan hal tersebut kepada masyarakatnya dengan baik.

Salah satu wujud nyatanya dalam mendukung pemberian ASI Eksklusif enam bulan adalah dengan diberikannya hak cuti lahir bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kotanya sebagai salah satu upayanya untuk mendukung suksesnya pemberian ASI eksklusif kepada anak dari 0 bulan sampai dengan 6 bulan.

Hal senada pun juga dilontarkan oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Kota Depok yang menilai dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terhadap pemberian ASI di lingkungan masyarakat amatlah besar dan maksimal.

Kepala Divisi Hukum dan Advokasi AIMI kota Depok, Rosmaidah mengatakan, upaya Pemkot Depok dalam mendukung gerakan pemberian ASI yang saat ini dilakukan diwilayahnya sudah sangat baik. Selain dapat meningkatkan kualitas generasi penerus, kegiatan tersebut juga menjadi salah satu upaya Pemkot Depok dalam mewujudkan kotanya sebagai Kota Layak Anak.

“Saya salut dengan Pemkot Depok yang sampai saat ini telah banyak memberikan dukungan kepada para ibu untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada anak anaknya,” tuturnya pada beberapa waktu lalu.

Ia pun mengatakan. Ada beberapa peratuan yang sangatlah berkaitan dengan ASI saat ini, yang diantaranya adalah adanya Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 yang berisikan mengenai pemberian ASI Eksklusif kepada anak sampai dengan usia enam bulan dan mengatur tempat atau ruangan khusus untuk menyusui di tempat umum.

Hal inipun sudah diterapkan oleh Pemkot Depok yang telah menyediakan ruangan laktasi di tiap lantai gedung Dibaleka II dan di gedung Balaikota Depok. Ini sudah menjadi salah satu nilai tambah Pemkot Depok yang telah berusaha memberikan yang terbaik bagi para ibu agar dapat memberikan ASI nya dengan baik tanpa harus susah payah.

Selain daripada itu ia pun juga sangat terpukau dengan adanya keputusan Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail yang telah bersedia memberikan hak cuti melahirkan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) pria di lingkungan pemerintah Depok agar bisa menemani istrinya yang sedang melahirkan dan diharapkan dapat mendorong para istri untuk memberikan ASI eksklusif kepada buah hati mereka.

“Ini sudah sangat bagus sekali, seorang ayah diberikan cuti untuk menemani istrinya yang akan menjalani persalinan. Hal ini tentu amatlah mendukung suksesnya pemberian ASI kepada anak anaknya. Semoga kedepannya tidak hanya pegawai PNS saja yang diberikan fasilitas tersebut, tetapi dapat meluas ke perusahaan swasta dan instansi yang lainnya yang ada di kota Depok,” tuturnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)