Bayar Pajak Secara Elektronik Lebih Mudah, Ini Caranya

Bayar Pajak Secara Elektronik Lebih Mudah, Ini Caranya

HarianDepok.com – Bisnis , Pada Jumat (23/10/2015) kemarin, Mardiasmo selaku Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia telah meluncurkan pembayaran pajak melalui mini ATM yang sudah bisa dilakukan di kantor wilayah DJP Jawa Timur I. Kantor ini berlokasi di jalan Jagir Wonokromo nomor 100-104 Surabaya. Dalam peluncuran tersebut juga turut dihadiri oleh para pejabat eselon I di lingkungan Kementerian keuangan sebagai bagian dari kegiatan road show peluncuran layanan bersama Program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan.

Mardiasmo menyebutkan, pembayaran pajak melalui mini ATM merupakan salah satu program inisiatif dan strategis Ditjen Pajak untuk meningkatkan kemudahan serta memperbanyak akses pembayaran pajak. Nantinya wajib pajak bisa melakukan pembayaran pajak hanya dengan men-swipe kartu debit di mini ATM yang berupa mesin electronic data capture (EDC) yang mempunyai menu khusus untuk pembayaran pajak secara elektronik.

Pada tahap awal ini, bank persepsi yang bekerjasama dengan Ditjen Pajak menyediakan mesin EDC yang bisa digunakan sebagai mini ATM adalah BRI dan BNI. Dalam pembayaran pajak secara elektronik, wajib pajak hanya cukup memasukkan Kode Billing ke mini ATM untuk melakukan pembayaran atas semua jenis pajak. Kode Billing pun bisa dibuat melalui berbagai channel, termasuk melalui situs pajak (www.sse.pajak.go.id), internet banking, SMS dan ASP.

Dalam pembayaran pajak, kode Billing terdiri dari 15 digit angka yang bisa dibayarkan lewat berbagai channel pembayaran, diantaranya seperti MiniAtm, Atm reguler, teller bank atau pos persepsi dan internet banking. Kode billing mempunyai masa kedaluwarsa 48 jam. Setelah melewati jangka waktu tersebut kode billing tidak bisa digunakan lagi. Namun wajib pajak bisa memuat lagi kode billing tersebut, karena tidak ada pembatasan untuk pembuatan kode billing.

Sekadar Informasi, fasilitas pembayaran pajak melalui mini ATM tersedia pada 15 kantor pelayanan pajak (KPP) di antaranya yakni, KPP Pratama Jakarta Cengkareng, KPP Pratama Jakarta Senen, KPP Pratama Jakarta Setiabudi Satu, KPP Pratama Jakarta Pluit, KPP Pratama Jakarta Jatinegara, dan KPP Pratama Yogyakarta.

Lalu fasilitas pembayaran pajak ini juga tersedia di KPP Pratama Surabaya Wonocolo, KPP Pratama Sleman, KPP Pratama Surabaya Tegalsari, KPP Pratama Surabaya Gubeng, KPP Pratama Surabaya Genteng, KPP Pratama Surabaya Pabean Cantikan, KPP Pratama Denpasar Timur, KPP Pratama Kepanjen, dan KPP Pratama Bandung Selatan.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: