Dinkes Depok, Waspadai Gejala Kanker Serviks

Dinkes Depok, Waspadai Gejala Kanker Serviks

HarianDepok.com – Berita , Kanker serviks atau yang biasa dikenal dengan sebutan kanker rahim merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh para kaum wanita dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat biasa sampai dengan kalangan artis pun tak lepas dari resiko terkena penyakit tersebut.

Banyak kaum wanita yang tidak menyadari gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut sehingga mengakibatkan tidak tertolongnya para pengidap kanker serviks dan beresiko kepada kematian. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian dalam menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan secara rutin.

Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kota Depok, Agus Gojali dalam paparannya mengenai penyakit tersebut mengatakan, minimnya pengetahuan para wanita mengenau kanker serviks membuat kebanyakan dari mereka tidak mempedulikan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini.

Akibat dari kurangnya kepedulian terhadap kesehatan tersebut dan meremehkan gejala gejala yang ditimbulkan lambat laun bisa menyebabkan tingkat kesehatan menurun dan dapat menjadi ancaman besar bagi nyawa si penderita.

“Awalnya, gejala yang yang ditimbulkan oleh penyakit kepada para penderita kanker serviks terbilang ringan dan tidak terlalu berat, namun hal ini janganlah dianggap sebagai hal yang biasa saja tetapi harus diperhatikan juga dampaknya. Jika gejala gejala yang timbul tidak mendapatkan penanganan oleh pihak medis dapat menyebabkan penderita memperparah penyakitnya sendiri,” tuturnya, Jum’at (23/10/2015).

Ia menjelaskan, adapun gejala gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut kepada para penderita kanker serviks diantaranya adalah timbulnya rasa sakit di bagian kemaluan dan mengalami pendarahan pada saat berhubungan, timbulnya keputihan yang melebihi dari takaran normal, terjadinya pendarahan diluar dari masa menstruasi, turunnya berat badan dengan drastis dan mengalami nyeri di bagian punggung tubuh.

“Seluruh wanita yang sudah pernah melakukan hubungan intim dengan lawan jenis sangat disarankan untuk melakukan ‘Pap Smear’ secara rutin. Ini dimaksudkan agar penyakit yang menyerang si penderita dapat langsung terdeteksi keberadaannya sehingga langsung dapat ditangani dengan sesegera mungkin,” ucapnya.

Menurut penjelasannya, penyakit kanker serviks yang saat ini telah banyak memakan korban rata rata disebabkan oleh adanya kegiatan hubungan intim diluar nikah dan tanpa menggunakan pengaman, radiasi dan terpaparnya alat kemaluan dari berbagai zat kimia berbahaya.

Maka daripada itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Depok, khususnya para kaum wanita agar selalu memperhatikan beberapa hal tersebut dalam upaya mencegah penyakit kanker serviks yang pada beberapa waktu lalu sempat diderita oleh salah satu artis papan atas ibukota.(Izl)

[ AndiIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)