Polresta Depok Gelar Operasi Zebra 2015

Polresta Depok Gelar Operasi Zebra 2015

HarianDepok.com – Berita , Adanya instruksi dari Polda Metro Jaya mengenai penertiban para pengendara kendaraan disikapi oleh kepolisian kota Depok dengan menggelar Operasi Zebra yang akan digelar mulai 22 Oktober 2015 sampai dengan 04 November 2015 mendatang dengan melibatkan perangkat keamanan daerah lainnya untuk memaksimalkan kegiatan tersebut.

Operasi Zebra yang digelar tersebut, pihak Polresta Depok menargetkan sebanyak 5.000 pengendara kendaraan yang melanggar lalu lintas di seluruh wilayah kota Depok akan terjaring di operasi kali ini. Operasi ini ditujukan untuk menekan tingginya angka pelanggar lalu lintas yang sampai saat ini masih terjadi di kota Depok.

Kepala Polisi Resor Kota (Kapolresta) DDepok Komsaris Besar Polisi Dwiyono mengatakan, pihaknya akan melakukan Operasi Zebra dengan mengajak sejumlah perangkat keamanan lainnya yaitu, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok dengan maksud memaksimalkan kegiatan penertiban tersebut.

Menurut informasi yang didapat, bahwa dalam pelaksanaannya nanti, akan ada 300 petugas gabungan yang akan diterjunkan setiap harinya untuk melaksanakan penertiban di sejumlah titik lokasi yang sudah ditentukan. “Operasi ini kami sengaja gelar agar dapat menurunkan angka kecelakaan yang diakibatkan oleh adanya pelanggaran dalam berlalu lintas di kota Depok,” tuturnya, Kamis (22/10/2015).

Dwiyono pun menjelaskan, digelarnya operasi dengan melibatkan sejumlah perangkat keamanan yang lainnya untuk meningkatkan kesadaran para pengendara kendaraan dalam berlalu lintas sehingga dapat menekan timbulnya kecelakaan dalam berlalu lintas.

“Seluruh pengendara kendaraan, baik roda dua sampai dengan angkutan umum wajib melengkapi surat surat kendaraan dan izin mengemudinya pada saat akan berlalu lintas. Ini kami tekankan kepada seluruh para pengendara agar kesadaran para pengendara dalam berlalu lintas dapat meningkat,” katanya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Depok, Komisaris Sutomo dalam menanggapi akan adanya operasi zebra di wilayah hukumnya saat ini mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukannya sesuai dengan instruksi dari Polda Metro Jaya yang menitikberatkan kepada penertiban dalam berlalu lintas dengan mengedepankan penindakan ketimbang teguran.

Hal ini disebabkan oleh sudah seringnya para petugas dalam memberikan teguran kepada para pengendara di tahun tahun sebelumnya. Maka daripada itu, Operasi Zebra yang akan dilakukannya kali ini akan diarahkan kepada penindakan daripada teguran kepada para pengendara kendaraan yang kedapatan melanggar. “Kami sudah menyiapkan sebanyak 5.000 lembar lebih surat tilang untuk mendukung Operasi Zebra kali ini,” katanya.

Ia pun menjelaskan, target petugas di dalam Operasi Zebra kali ini adalah para pengendara yang melawan arus, kelengkapan surat kendaraan dan SIM, para supir angkutan umum yang menaik dan menurunkan penumpang disembarang tempat dan angkutan umum yang ‘ngetem’ disembarang tempat sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)