Selain Puasa, Ini 3 Amalan Lain di Hari Asyura Yang Jangan Sampai di Tinggalkan

Selain Puasa, Ini 3 Amalan Lain di Hari Asyura Yang Jangan Sampai di Tinggalkan

HarianDepok.com , Hari Asyura yang jatuh setiap tanggal 10 Muharram 1437 H atau dalam kalender Masehi bertepatan pada hari ini, Jumat (23/10/2015). Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender isalm. Bulan Muharram juga adalah bulan yang paling utama bagi umat islam selain Bulan Ramadhan. Bagi umat muslim yang memasuki bulan muharram diharapkan untuk melaksanakan puasa Sunnah-

yaitu yang pertepatan pada  tanggal 9-10 Muharram yaitu puasa Tasu’a dan Puasa Asyura. Banyak amalan lain yang juga bisa dilaksanakan dalam Bulan Muharram selain berpuasa pada tanggal 9-10 Muharram. Hari ini bertepatan tanggal 10 Muharram umat Muslim yang melaksanakan Puasa Asyura Tetapi di tengah masyarakat uang tidak memiliki dalil hadist Rasulullah SAW dan sangat jauh sekali dengan nilai nilai islam.

Amalan-amalan mungkar sering dilakukan oleh Kaum syiah yang mengadalan upacara berdarah setiap hari asyura. Yang mengetahui hadist Rasulullah saw tentang amalan di hari Asyura maka tidak akan melakukan Ibadah yang betentangan dengan ajaran nabi. Lalu apa saja amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah sesuai dengan hadist-nya ? simak beberapa amalan yang jangan sampai ditinggalkan :

  1. Puasa Tasu’a dan Puasa Ayura

Yang berhubungan dengan puasa adalah puasa Sunnah yakni di hari kesepuluh dan kesembilan pada bulan tersebut. Banyak dalil yang menerangkan hal ini. Kedua puasa ini memang dianjurkan oleh Nabi akan tetapi tidak diwajibkan.

Dari Abu Hurairoh RA ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:“Shaum yang paling utama setelah shaum Ramadhan adalah shaum dibulan Alloh Muharram. Dan sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR Muslim 1162)

  1. Bersedekah

“Siapa yang puasa hari Asyura, dia seperti puasa setahun. Dan siapa yang bersedekah pada hari itu, dia seperti bersedekah selama setahun.”

  1. Meluaskan Belanja

Dari hadits Abi Said Al-Khudhri ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,“Siapa yang meluaskan belanja kepada keluarganya pada hari Asyura, maka Allah akan meluaskan atasnya belanja selama setahun.”

Alangkah baiknya jika dalam salah satu bulan yang utama bagi umat islam ini umat Muslim bisa menjalankan ketiga amalan yang dianjurkan oleh Rasululllah saw ini.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: