Jamur Miliki Nutrisi Seperti Daging

Jamur Miliki Nutrisi Seperti Daging

HarianDepok.com – Kesehatan , Jamur memiliki tekstur yang hampir mirip seperti daging, sehingga membuatnya seringkali dikonsumsi oleh para vegetarian yang merindu tekstur daging. Meskipun jamur kerap dianggap sebagai sayuran, Tetapi jamur dapat menyediakan berbagai macam nutrisi yang biasa ditemui di dalam daging, biji-bijian dan kacang-kacangan. Semua jenis jamur seperti shitake, portobello, sampai jamur kancing kaya akan nutrisi penting dan juga rendah kalori.

Seperti yang dilansir healthmeup.com, berikut adalah manfaat mengonsumsi jamur secara rutin bagi kesehatan tubuh:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jamur mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan produksi protein serta antivirus yang bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dan memperbaiki jaringan tubuh. Jamur juga dapat meningkatkan kesehatan sel dendritik yang terdapat dalam sumsum tulang untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari invasi mikroba.

  1. Sumber vitamin D

Sama seperti tubuh manusia, jamur juga akan memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari. Bahkan saat mengonsumsi ekstrak jamur kancing maka Anda akan mendapatkan nutrisi vitamin D2 dan D3.

  1. Mengontrol berat badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, cobalah mengganti konsumsi daging dengan jamur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi jamur maka mampu menunjukkan perbaikan dalam komposisi tubuh seperti pengurangan lingkar pinggang dan penurunan berat badan.

  1. Sumber antioksidan

Jamur adalah sumber antioksidan yang baik. Zat antioksidan seperti selenium bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari gangguan kesehatan yang mampu menyebabkan penyakit kronis.

Jamur merupakan makanan alami yang mampu melawan kanker. Mengonsumsi jamur secara teratur mampu menurunkan resiko terkena kanker payudara. Bukan hanya itu, jamur shitake juga dikenal dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Demikian beberapa manfaat penting jamur untuk kesehatan tubuh. Tetapi jamur juga membutuhkan kecermatan dalam pemilihan dan pengolahannya. Sebab itu sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Aharus berhati-hati.

[ NurMungil/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: