Google dan Samsung Bertikai Lagi

Google dan Samsung Bertikai Lagi

HarianDepok.com – Tekno , Bukan sebuah kisah baru, bahwa raksasa besar di bidang teknologi Samsung sering bertikai dengan rekan bisnisnya Google dalam ekosistem Android. Ya, kali ini kedua perusahaan tersebut kembali bertikai karena dari pihak Samsung mendorong pemakaian OS T-zen dalam dua produknya yakni Gear 2 dan Gear 2 Neo yang merupakan jam tangan pintar buatan Samsung.

Kedua produk ini sempat diperkenalkan di acara Mobile World Congress atau MWC yang adakan pada Fabruari 2014 lalu.

Menurut CEO Google, Larry Page yang ditulis di The Information, pihak Google merasa tidak senang karena Samsung berinvestasi besar pada system operasi Tizen. Sehingga Samsung terkesan main-main mengembangkan Android Wear yang memang dirancang khusus untuk jam tangan pintar.

Mengingat, selama ini Samsung banyak berhutang budi pada Google dengan penjualan bisnis ponsel dan tablet yang melonjak di seluruh dunia.

System OS Tizen sendiri merupakan system operasi open source yang telah dikembangakan oleh Samsung, Intel, dan Linux Foundation sejak Juni 2012 lalu. System operasi ini adalah langkah alternative bagi Samsung untuk tidak selamanya bergantung pada Android buatan Google.

Di lain hal, sebenarnya Samsung juga telah membuat jam tangan yang berbasis Android Wear. Produk tersebut bernama Gear Live, yang sudah di rilis pada konferensi pengembangan aplikasi Google I/O pada akhir Juni 2014 lalu. Namun dari pihak Google membatasi pengembangan fitur bagi semua pihak yang produknya menggunakan system Android Wear. Seperti fitur tampilan yang tidak boleh dirubah sama sekali.

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)