Depok Siap Bantu Jakarta Atasi Banjir

Depok Siap Bantu Jakarta Atasi Banjir

HarianDepok.com – Berita , Kawasan lingkungan daerah Ibukota Jakarta yang letaknya berada lebih rendah dari kota penunjang disekitarnya, membuat daerah kota administrasi menjadi sasaran empuk banjir ketika musim penghujan tiba. Banjir yang meliputi kota Jakarta seakan akan menjadi tradisi tahunan yang dimana warga yang tinggal harus rela mengorbankan harta dan nyawanya sebagai tumbal dari banjir tahunan.

Berbagai upaya yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menanggulangi permasalahan banjir sampai saat ini terlihat masih terus dilakukan yang diantaranya masih melakukan kegiatan pembebasan lahan hijau di sejumlah titik rawan banjir dan pembangunan taman kota yang difungsikan sebagai serapan air kala hujan turun.

Selain daripada itu, Pemprov DKI Jakarta pun juga telah meremajakan sejumlah pompa drainase yang dimilikinya sehingga dapat digunakan kembali pada saat debit air yang jatuh ke daerah Jakarta mencapai batas normal. Namun, jika tidak mendapatkan dukungan dari kota penunjang untuk mengantisipasi hal tersebut, dapat dipastikan musibah banjir yang kerap terjadi di kota Jakarta akan terus terulang kembali.

Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail mengakui bahwa kotanya saat ini menjadi salah satu kota penunjang Ibukota yang paling penting keberadaannya dalam mengurangi volume air yang masuk ke kawasan DKI Jakarta. Ini disebabkan oleh letak kota Depok yang berada diantara Kabupaten Bogor dan Jakarta.

“Kota Depok dapat difungsikan menjadi salah satu kota yang paling berpotensial dalam menahan volume air yang mengalir dari wilayah Kabupaten Bogor menuju ke wilayah DKI Jakarta,” katanya kepada liputan enam, Selasa (20/10/2015).

Ia juga menjelaskan, terjadinya banjir yang kerap terjadi di daerah Jakarta tiap tahunnya saat ini tak lepas dari adanya limpahan air yang mengalir dari kawasan puncak Bogor ke Jakarta. “Dimana air itu tertahan, itulah yang menjadi permasalahannya. Selain daripada itu juga bagaimana kelancaran aliran air yang mengalir,” tuturnya.

Melihat dari permasalahan tersebut, Nur mengatakan kota Depok akan turut membantu serta mengurangi debit air yang masuk ke daerah DKI Jakarta sehingga dapat mengurangi  resiko terjadi banjir di daerah Ibukota khususnya di bagian utara dengan cara menahan air yang mengalir ke Jakarta.

Langkah langkah antisipasi dalam menanggulangi hal tersebut juga sudah dilakukan yang diantaranya mengelola sampah secara mandiri dan mengurangi tumpukan sampah yang ada di sepanjang aliran sungai yang bertujuan agar sungai yanga ada di wilayah kota Depok, dapat menjadi penahan sekaligus menampung air secara optimal.

Selain daripada itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun terus melakukan normalisasi dan pembangunan lahan hijau yang dimaksudkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi curah hujan yang tinggi, sehingga apabila air hujan turun, dapat terserap dan tertampung di kantung kantung air tersebut dan dapat mengurangi resiko terjadinya banjir di Jakarta.

Oleh sebab itu, Nur mengajak seluruh pihak terkait agar dapat bersama sama menanggulangi musibah banjir yang kerap terjadi pada saat musim penghujan tiba. “Mari kita sama sama membangun kota yang baik untuk selalu membantu dan berkontribusi dalam menangani permasalahan banjir saat ini. Banjir menjadi tanggung jawab kita bersama, bukan ajang melempar kesalahan,” katanya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Rate this article!
Tags: