Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung Pada Wanita dan Resikonya

penyakit jantung

HarianDepok.com – Kesehatan , Setiap tahun, lebih banyak perempuan meninggal karena penyakit jantung daripada pria. Namun, penyakit jantung pada wanita dapat memiliki gejala yang berbeda dibandingkan dengan laki-laki. Misalnya, perempuan 2 kali lebih tinggi mengalami kematian dibandingkan pria pada kasusu penyakit jantung. Beberapa gejala utama yang terkait dengan penyakit jantung pada wanita adalah tekanan atau ketidaknyamanan pada dada, mual atau muntah, berkeringat, pusing dan kelelahan.

Apa yang dimaksud dengan Penyakit Jantung?

Penyakit jantung koroner atau penyakit jantung hanya terjadi karena penyempitan atau pengerasan pembuluh darah yang memasok darah ke otot-otot jantung. Biasanya, hal ini karena plak tertimbun (penumpukan lemak, kolesterol dan zat lainnya) di dinding bagian dalam arteri. Sangat sering, penyakit jantung dapat menyebabkan serangan jantung karena penyumbatan yang mengandung arteri plak. Hal ini dapat berakibat fatal karena obstruksi arteri mencegah nutrisi penting dan oksigen ke jantung.

Faktor Risiko:

Baik pada pria dan wanita, usia pertengahan adalah periode meningkatkan risiko karena ini adalah waktu ketika orang lebih mungkin mengembangkan faktor risiko penyakit jantung. Beberapa faktor risiko umum bagi wanita adalah:

Riwayat Keluarga: perempuan lebih rentan terserang penyakit jantung jika ayah atau saudara laki-lakinya mengalami serangan jantung sebelum usia 55 atau jika ibunya atau saudara perempuan memliki penyakit jantung sebelum usia 65.

Menopause: faktor risiko penting lainnya adalah rendahnya tingkat estrogen setelah menopause. Hal ini menimbulkan ancaman utama untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular di arteri yang lebih kecil.

Stres atau Depresi: stress atau depresi mempengaruhi jantung wanita lebih banyak daripada pria. Karena kondisi emosional, hal tersebut akan sulit untuk mengikuti gaya hidup sehat dan perawatan yang direkomendasikan.

Merokok: Seperti pada pria, merokok adalah faktor risiko besar untuk mengembangkan penyakit jantung pada wanita. Memang benar bahwa meskipun sulit untuk mengubah beberapa faktor risiko ini, penting untuk mengambil kendali atas kegiatan merokok untuk mencegah terjadinya penyakit ini.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok