Selamatkan Diri, Eko Nekat Terjang Api Gunung Lawu Walau Harus Terluka Parah

Selamatkan Diri, Eko Nekat Terjang Api Gunung Lawu Walau Harus Terluka Parah

foto: kompas.com

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Eko Nurhadi (34) yang merupakan salah satu pendaki Gunung Lawu yang selamat terperangah ketika menyaksikan Nanang, Sumarwan, Awang, dan Rita Septi terjebak api. Kala itu, api dari lereng gunung mulai merangkak naik sampai ke pos empat jalur pendakian. Angin pun menggiring api sehingga merembet cepat ke atas. Eko sebenarnya sempat lari dan menjauh dari api. Namun ia kemudian berpikir, jika ia tetap lari, api pasti akan tetap terus mengejarnya.

“Akhirnya saya terjang saja api itu. Saya lari ke bawah,” cerita Eko kepada sang istri, Nuri Dwiningsih (30), saat ditemui di RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Senin (19/10/2015). Akibat aksi nekat menabrak api itu, Eko pun mengalami luka bakar yang cukup parah, 48 persen. Nyaris separuh bagian tubuhnya gosong terbakar. Akibatnya Eko harus dilarikan ke RSUD Dr Soetomo. Ia pun tiba di RS tersebut pada hari  kemarin, sekitar pukul pukul 02.30 WIB.

Usai dilakukan beberapa pemeriksaan, Eko pun akhirnya harus menjalani operasi sekitar pukul 07.30 WIB. “Dia sekarang di rawat di (Ruang Observasi Intensif) 1,” ucap dr Urip Murtedjo SpB, Kepala IRD RSUD Dr Soetomo. Lebih lanjut, tujuan Eko mendaki Gunung Lawu adalah berekreasi. Ia diajak oleh pamannya, Sumarwan, yang sudah sering naik gunung. Bagi Eko, pengalaman tersebut baru pertama kali. “Suami saya suka hal-hal seperti itu. Seperti memancing, misalnya. Tapi kalau mendaki Gunung Lawu baru pertama kali,” jelasnya.

Menurut Nuri, rombongan berangkat dari rumahnya di Desa Brangol, Karangjati, Ngawi pada Sabtu (17/10/2015), pukul 06.00 WIB. Kebetulan, Eko yang bekerja sebagai sekretaris desa sedang senggang kala itu. Saat ini pihak RSUD Dr Soetomo menurunkan dua tim untuk mengoperasi Eko. Dokter juga memberi cairan olektrolit. “Dia juga mengalami trauma inhalasi,” ucap dr Urip. Trauma tersebut terjadi karena saluran nafas terbakar.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok