Cek Koleterol Sejak Usia 20 Tahun Bisa Mengurangi Resiko Kematian

Cek Koleterol

HarianDepok.com – Kesehatan , Apa itu Kolesterol? Kolesterol adalah lemak seperti substansi penting untuk kesehatan manusia. Ini adalah bagian integral dari membran sel dan digunakan dalam produksi vitamin D, berbagai hormon dan asam empedu dalam tubuh kita. Kolesterol dibuat dalam hati dan juga hadir dalam makanan yang berasal dari unggas, seperti daging.

LDL atau Low Density Lipoprotien dan HDL atau High Density Lipoprotien dasarnya adalah zat yang mengangkut kolesterol masuk ke dalam tubuh. LDL mengangkut kolesterol ke jaringan dan arteri di mana kolesterol dapat membuat penyumbatan. Di sisi lain, HDL mengangkut kolesterol kembali ke hati dari jaringan dan mencegah pengendapan di arteri .

Jadi, jika jumlah LDL tinggi, kolesterol akan disimpan di arteri Anda, itu buruk karena bisa membuat arteri semakin sempit. Pengaruh penyempitan tergantung pada arteri yang dipengaruhi. Komplikasi yang berbeda dapat terjadi: serangan jantung, gagal jantung, stroke atau penyakit ginjal. Penyempitan arteri di tungkai bawah juga bisa menyebabkan ulkus di kaki.

Karena meningkatnya perubahan gaya hidup dan budaya junk food, kasus serangan jantung di antara generasi muda meningkat signifikan. Oleh karena itu, dianjurkan bahwa Anda harus mengcek kolesterol minimal pada umur 20 tahun, dan kemudian menindaklanjutinya dengan pemeriksaan kolesterol setiap lima tahun. Orang-orang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi mereka akan menderita kondisi seperti hipertensi, diabetes bahkan sering kelelahan.

Kombinasi diet dan gaya hidup sehat akan menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Ini termasuk mengurangi asupan lemak jenuh dengan mengurangi mentega, keju, minyak kelapa, krim, kuning telur, daging unggas, daging merah dan susu.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok