KPU Depok Rencanakan Bentuk Kampung Pilkada

KPU Depok, Kampung Pilkada, Pemilihan Kepala Daerah

HarianDepok.com – Berita , Guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pentingnya mensukseskan jalannya acara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di wilayah kota Depok, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok tengah melakukan beberapa kegiatan yang diantaranya adalah dengan menggelar sosialisasi ke lingkungan masyarakat dan peninjauan ke sejumlah lokasi yang kurang mendapatkan informasi mengenai Pilkada.

Selain itu, KPU kota Depok pun tengah menggagas kegiatan Kampung Pilkada yang akan dilaksanakan pada 22 Oktober 2016 mendatang . Hal ini dimaksudkan untuk menggerakkan masyarakat agar dapat ikut berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan Pilkada yang akan dilakukan serentak dengan kota lainnya.

Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Nurhadi mengatakan, kegiatan pelaksanaan Kampung Pilkada yang saat ini telah direncanakan bukan hanya dirancang pada saat masyarakat datang ke TPS saja, namun ditujukan juga untuk meningkatkan kepedulian masyarakat mengenai Pilkada.

Dengan dibentuknya kampung Pilkada nanti, diharapkannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mensukseskan jalannya Pilkada untuk masa depan kota Depok yang lebih baik. Hal lain dalam rencana pembangunan kampung Pilkada ini juga ditujukan untuk memeriahkan acara Pilkada yang akan digelar pada 09 Desember 2015 mendatang. Nantinya akan ada penilaian khusus dari pihaknya.

Untuk penilaian yang akan diperhatikan oleh pihaknya meliputi, Kebersihan lingkungan, kesehatan lingkungan dan respon yang diberikan oleh masyarakat sekitar mengenai kampung Pilkada. Di akhir kegiatan tersebut, nantinya akan ada penambahan nilai dari tim penilai yang mencakup, partisipasi masyarakat dan lingkungan yang kondusif dan aman.

“Sejak di gelar rencana kampung Pilkada, kebanyakan masyarakat sudah memulai aktivitasnya dalam membangun kampung Pilkada. Untuk pengumumannya, sudah kami lakukan melalui lisan ke sejumlah masyarakat. Dan untuk pemberitahuan resminya, sudah kami buatkan surat edaran dan nantinya akan kami sebarkan,” jelasnya, Senin (19/10/2015).

Ia pun menjelaskan mengenai teknis penilaiannya nanti dilapangan yang nantinya akan dimulai dari tingkat RW dan akan dilanjutkan ke tingkat Kecamatan dan akan diakhiri di tingkat kota. “Setiap RW yang ada di seluruh wilayah kota Depok dipersilahkan untuk menata lingkungan tempat tinggalnya dengan bertemakan Pilkada. Nantinya akan ada penilaian dari petugas kami,” paparnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: