Dinkes Depok : 70 Persen Septic Tank Rumahan di Depok Tidak Kedap Air

70 Persen Septic Tank Rumahan di Depok Tidak Kedap Air

Ilustrasi

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam meningkatkan kualitas kesehatannya di lingkungan masyarakat saat ini telah menyisihkan dana anggarannya untuk disalurkan kepada masyarakat di seluruh wilayah kota Depok sebagai dana bantuan kompensasi pembangunan septic tank penampung limbah rumah tangga.

Selain untuk menjaga lingkungan dari bahaya limbah rumah tangga, hal tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan budaya hidup sehat sedini mungkin.

Untuk memaksimalkannya, Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Depok menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera melakukan perubahan saluran sanitasi septic tank yang belum kedap air menjadi septic tank yang kedap air. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi akan timbulnya berbagai penyakit yang keluar dari air limbah rumah tangga.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Sukanda mengatakan, masih banyaknya septic tank yang tidak kedap air di lingkungan pemukiman di kota Depok dapat menyebabkan limbah rumah tangga yang dihasilkan akan diserap oleh tanah dan secara perlahan akan mencemari sumber air, tanah dan lingkungan.

Maka daripada itu, dirinya meminta kepada masyarakat untuk merubah saluran septic tanknya yang awalnya tidak kedap air menjadi kedap air yang ramah lingkungan.

Sukanda pun menjelaskan, jenis septic tank yang baik adalah yang pada konstruksinya kedap air dan yang biasa dikuras secara berkala secara rutin di tiap tahunnya tergantung kondisi pemakaian dan kapasitas septic tank yang dimiliki. Berbeda halnya dengan septic tank tidak kedap air, yang mampu bertahan hingga puluhan tahun tanpa harus dikuras, ini dikarenakan air limbah langsung terserap kedalam tanah yang mengakibatkan rusaknya kualitas air dan tanah akibat dari hal tersebut.

Maka daripada itu ia menghimbau kepada masyarakat untuk dapat merubah kembali sistem septic tank yang bukan kedap air menjadi kedap air. Selain untuk menjaga lingkungan dan kualitas air, hal tersebut juga dimaksudkan untuk menjaga kesehatan dari berbagai penyakit yang timbul dari limbah rumah tangga tersebut.

“Padahal jika mereka paham akan dampak yang ditimbulkan dari sistem septic tank yang tidak kedap air, maka keberlangsungan air tanah dan kualitas lingkungannya dapat terjaga dengan baik. Dan menurut data yang kami terima, hampir 70 persen rumah yang ada di wilayah kota Depok belum disedot septic tanknya,” ucapnya.

Dari data yang diperolehnya tersebut, pihaknya mengaku akan terus melakukan penanggulangan dengan menyertakan sejumlah instansi terkait guna menekan limbah rumah tangga yang kerap dibuang begitu saja tanpa mendapatkan penyaringan. Salah satu wujud nyata yang dilakukan oleh Pemkot Depok dalam menanggulangi hal tersebut adalah dengan memberikan dana kompensasi pembangunan septic tank di setiap rumah.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan membangun septic tank agar memilih yang kedap air serta memberikan jarak antara septic tank dengan sumber air dengan batasan minimal 10 meter. Hal ini sangatlah perlu diperhatikan sebab, jika jarak antara septic tank dengan sumber air berdekatan, kemungkinan besar air limbah merembes dan mencemari sumber air.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)