BLH Kota Depok Himbau Masyarakat Untuk Peduli Lingkungan

BLH Kota Depok Himbau Masyarakat Untuk Peduli Lingkungan

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang saat ini berambisi untuk menjadikan wilayahnya sebagai kota ramah lingkungan, saat ini tengah diperhatikan usahanya oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok yang meminta kepada seluruh masyarakatnya agar dapat melestarikan lingkungan dengan bijak.

Apalagi di dalam musim kemarau berkepanjangan yang saat ini melanda negeri Indonesia dimana pada saat ini disejumlah wilayah sudah terasa sekali dampaknya. Namun, lain halnya dengan kota Depok yang tidak terlalu parah dampak yang dirasakan dari musim kemarau berkepanjangan saat ini.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Wijayanto dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, solusi untuk mengatasi akan timbulnya musim kemarau berkepanjangan seperti saat ini dapat diantisipasi dampaknya dengan cara menanam pohon yang berguna sebagai penghasil oksigen dan resapan air.

“Kekeringan yang saat ini terjadi sebetulnya dapat ditangani yaitu dengan cara menanam pohon dan membuat resapan air, sehingga apabila musim kemarau berkepanjangan datang dapat langsung teratasi dengan adanya hal tersebut sehingga tidak mengganggu aktivitas dan kegiatan sehari hari,” tuturnya di Balaikota Depok pada beberapa waktu yang lalu.

Selain daripada itu, perilaku hemat energi juga sangatlah perlu dilakukan yang diantaranya menghemat penggunaan air dan digunakan seperlunya saja. Hal ini pun juga sangatlah perlu diterapkan pada musim apa saja karena perilaku hemat air dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup sekitar. Masih banyak lagi perilaku hemat yang dapat diterapkan di dalam diri yaitu, mematikan lampu yang tidak terpakai dan memakai peralatan elektronik dengan bijak.

Di musim kemarau berkepanjangan ini, sangatlah rawan akan timbulnya kebakaran, oleh karena itu, Wijayanto menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah yang kerap menjadi penyebab kebakaran.

Pilihan mudah masyarakat ini dalam mengurangi dan membersihkan lingkungannya dari sampah sangatlah tidak dianjurkan karena selain dapat menjadi pemicu terjadinya kebakaran, asap yang ditimbulkan dari hasil pembakaran tersebut juga dapat mengganggu pernapasan lingkungan setempat.

“Pihak kami terus melakukan himbauan ke setiap Kelurahan yang ada untuk dapat dijadikan reminder oleh seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah. Selain dari hasil pembakaran sampah tersebut dapat menghasilkan gas beracun, kegiatan itu juga dapat meningkatkan pemanasan global dan mengikis lapisan ozon yang ada di bumi,” katanya.

Oleh sebab itu pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk berpikir bijak dalam menanggulangi sampah saat ini dengan cara mengolah dan memilah sampahnya sendiri untuk dapat didaur ulang menjadi pupuk kompos dan bisa digunakan sebagai penyubur tanaman, sedangkan sampah plastiknya dapat dijual kembali sehingga bernilai ekonomis tinggi.

Dirinya pun mengakui bangga akan kesadaran masyarakat kota Depok akan kesadarannya dalam menjaga lingkungan dan kebersihan dari sampah sehingga menjadikan kota Depok tidak terlalu buruk mendapatkan dampak dari musim kemarau yang berkepanjangan saat ini. Meski begitu, dirinya sangat mengharapkan akam adanya peningkatan kembali tentang kesadaran dalam menjaga lingkungan demi meningkatkan kualitas hidup di kota Depok yang lebih baik lagi.(Izl)

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok