Baliho Salah Satu Cawalkot Depok Dirusak Orang Tak Dikenal

Baliho Salah Satu Cawalkot Depok Dirusak Orang Tak Dikenal

HarianDepok.com – Berita – Pilkada Deppok 2015 , Pengrusakan Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Wali dan Wakil Walikota (Cawalkot) Depok Dimas Oky Nugroho – Babai Suhaemi yang diduga dilakukan oleh sekelompok partisan dari partai lain pada beberapa waktu lalu, langsung dilaporkan oleh para relawan pendukungnya ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kota Depok untuk segera ditindaklanjuti.

Dari informasi yang dihimpun, pengrusakan APK Baliho yang berdiri di Jalan Raya Abdul Wahab, Kelurahan Sawangan, Depok, Jawa Barat, persis di depan posko relawan pendukung Dimas – Babai ini diduga disebabkan oleh adanya sekelompok orang yang tidak senang akan adanya keberadaan APK tersebut yang letaknya dianggap telah menyalahi aturan yang berlaku.

Ketua Relawan Pelangi Kelurahan Sawangan, Depok, Ujang Sekam dalam keterangannya mengenai hal tersebut mengatakan bahwa pihaknya sangatlah menyayangkan akan adanya pengrusakan APK Cawalkotnya yang dapat menyebabkan konflik di wilayahnya. Guna mengantisipasi hal tersebut, pihaknya langsung menyerahkan kasus tersebut kepada Panwaslu guna diusut sesuai aturan.

“Pihak kami sangat menyayangkan akan adanya kegiatan pengrusakan kepada baliho milik kami. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan konflik di wilayah kami. Maka daripada itu kami sangat mengharapkan kepada pihak Panwaslu untuk dapat segera mengusut tuntas pengrusakan baliho di depan posko kami,” ujarnya di Depok pada beberapa waktu yang lalu.

APK baliho yang belum lama dipasang di lokasi tersebut diduga kuat dirusak dengan sengaja dengan menggunakan pisau cutter sebagai alat pembantunya oleh sejumlah orang pada saat keadaan di lingkungan tersebut sepi dari adanya aktivitas masyarakat. Hal ini dikuatkan dengan adanya bekas potongan yang sangat rapi dan hanya tersisa sedikit bahan yang tertinggal di bingkai baliho.

“Kalau dirusak oleh anak anak itu tidak masuk akal sebab posisinya sangat tinggi apalagi rusak diterpa oleh angin, kan pastinya meninggalkan sisa robekan tak rapi
di sekitar berdirinya baliho. Kalau rusak diterpa oleh angin yang melintas dari arus kendaraan pun juga sangatlah tidak mungkin, karena baliho yang kami pasang, pondasinya amatlah kuat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Sawangan, Depok, Mahmudin mengaku telah mendapatkan laporan pengrusakan APK tersebut secara lisan dari pihak relawan pelangi. Guna mengantisipasi akan adanya konflik dan permasalahan baru nantinya, dirinya berjanji akan menindaklanjuti laporan tersebut dengan catatan dirinya mendapatkan laporan tertulis dari pihak pelapor.

“Sampai saat ini, kami sudah tinjau lokasinya. Jika merujuk kepada aturan yang ada, memang lokasi baliho ini telah menyalahi aturan karena pemasangan baliho tidak diperkenankan di pinggir jalan tanpa mendapatkan izin dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Meski demikian karena tindakan pengrusakan ini sudah dapat dikategorikan sebagai tindakan pidana, maka kami akan mengajak pihak kepolisian untuk dapat mengusut kasus tersebut,” jelasnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: