Kota Depok Masih Menjadi Tempat Sampah Liar

Kota Depok Masih Menjadi Tempat Sampah Liar

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upayanya meningkatkan kualitas kotanya yang bersih dan terbebas dari sampah liar saat ini telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna melakukan kegiatan pengawasan serta penertiban ke sejumlah lokasi yang dianggap rawan menjadi tempat pembuangan sampah liar.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ditunjuk oleh pemerintah dalam menanggulangi hal tersebut mengaku telah mempersiapkan beberapa strategi guna mengatasi permasalahan sampah liar yang saat ini masih terjadi di wilayah kota Depok khususnya di sejumlah jalan protokol kota.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan Kota Depok (DKP) Kota Depok, Kusumo mengatakan, pihaknya akan melakukan kegiatan pemantauan dan pengawasan di sejumlah titik rawan sampah liar yang diantaranya di Jalan Margonda Raya, Jalan Juanda dan jalan jalan utama lainnya yang kerap kali dijadikan tempat favorit para pembuang sampah liar membuang sampahnya.

Untuk memaksimalkan kegiatan pengawasan tersebut,  Kusumo mengaku akan menyiapkan tim khususnya yang akan bertugas pada malam hari untuk memantau sejumlah lokasi yang berbatasan dengan kota lainnya seperti Pondok Petir, Duren Mekar, Sarua, Duren Seriby, Cipayung, Cilodong, Beji, Jalan Raya Bogor, Tapos dan jalan Alternatif Cibubur.

“Lokasi ini semua adalah lokasi perbatasan antara kota Depok dengan kota lainnya. Pengawasan dilokasi tersebut amatlah penting guna mencegah adanya masyarakat kota lain yang mencoba masuk ke Depok untuk membuang sampahnya secara ilegal,” katanya di Depok, Minggu (11/10/2015).

Menurut Kusumo, untuk memaksimalkan kegiatan pengawasan tersebut juga diperlukan adanya koordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Hal ini dimaksudkan untuk mencegah adanya pembuang sampah dari kota lain yang menggunakan truk pengangkut sampah atau dengan truk pengangkut barang.

“Pihak kami pernah menemukan truk sampah yang melintas dari Jakarta menuju kota Depok melalui jalan Cinere pada malam hari yang bermaksud untuk membuang sampahnya di Depok secara diam diam. Untuk itulah maksud kami berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi,” ucapnya.

Dirinya mengaku bahwa saat ini pihaknya telah memiliki tim khusus yang bertugas memantau sejumlah titik lokasi favorit para pembuang sampah liar untuk membuang sampahnya dengan sembarangan. Dikarenakan jumlah personil yang kurang memadai menjadi salah satu hambatan pihaknya dalam menangkap para pembuang sampah liar.

“Saat ini anggota kami yang bertugas mengawasi lokasi tempat pembuangan sampah liar kinerjanya sudah cukup maksimal, bahkan pada beberapa waktu lalu anggota kami sempat menangkap beberapa pembuang sampah liar dan langsung digiring ke kantor guna dilakukan penindakan,” katanya.(Izl)

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok