Layanan Terbaru Untuk Kepengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Depok

Layanan Terbaru Untuk Kepengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Depok

HarianDepok.com – Berita , Guna mempermudah dan membuat nyaman masyarakat yang ingin membuat dan memperpanjang paspor saat ini, kantor Imigrasi telah membuat beberapa perbaharuan di fasilitas layanannya yang ditujukan untuk masyarakat agar tidak dipusingkan dengan panjangnya antrian yang ada saat ini.

Masyarakat kini dapat memantau nomor antriannya melalui layanan pesan singkat dari telepon seluler tanpa harus menunggu lama yang sangat menyita waktu dan membosankan. Hal ini dilakukannya karena sampai saat ini banyak sekali masyarakat yang ingin mengurus paspor ataupun memperpanjang masa berlaku paspor sehingga menyebabkan panjangnya antrian.

Salah satu kantor Imigrasi yang sudah mulai menyediakan fasilitas tersebut salah satunya adalah Kantor Imigrasi Kelas II Depok. Kantor yang beralamat di jalan Boulevard Raya, Depok ini seluruh masyarakat yang ingin membuat ataupun memperpanjang masa berlaku paspornya bisa meninggalkan tempat pelayanan setelah melakukan registrasi di awal pengambilan nomor antrian.

Kepala Kantor Imigrasi Depok, Dudi Iskandar mengatakan, layanan ini sengaja dibentuk untuk mempermudah para pemohon agar tidak terlalu lama menunggu di Kantor keimigrasian. Selain itu, para pemohon juga dapat menjalankan aktivitasnya yang lain tanpa harus mengorbankan waktu lama hanya untuk menunggu nomor antrian dipanggil petugas.

“Jadi nggak perlu repot untuk menunggu disini. Para pemohon bisa ke tempat yang lainnya atau misalnya jika mempunyai urusan yang lain atau bisa pulang sambil memantau nomor antrian dari sms. Rata rata kan paea pemohon yang mengajukan permohonan paspor tinggal di lingkungan sekitar. Jadi bisa meluangkan waktu sejenak untuk hal yang lainnya sambil pantau dari telepon,” tuturnya, Selasa (13/10/2015).

Untuk menggunakan fasilitas ini, para pemohon hanya perlu mengirimkan pesan singkat ke nomor SMS Gatewat Kantor Imigrasi Kota Depok di 0811137222 dengan menuliskan ‘Antrian Cek’. Dan untuk tarif yang dikenakan untuk dapat menggunakan layanan ini hanya dikenakan tarif normal.

Setelah para pemohon mengirimkan pesan singkat ke nomor tersebut, pihak Imigrasi Depok akan membalas pesan tersebut secara otomatis berupa nomor antrian yang sedang berjalan. Untuk fasilitas ini ada lima kategori antrian, dimana tanda A adalah Walk in, B adalah Online, C adalah Manula, D adalah Costumer Service dan E adalah antrian untuk BAP paspor hilang atau rusak.

“Untuk meningkatkan pelayanan kan tidak melulu harus menambahkan petugas di kantor. Nah untuk meningkatkan pelayanan disini, kami berinisiatif untuk menggunakan teknologi, selain efisien penggunaan teknologi ini juga merujuk kepada dukungan untuk mewujudkan kota Depok sebagai Cyber City,” katanya.

Dirinya mengharapkan, dengan adanya pelayanan dengan menggunakan teknologi ini dapat memudahkan para pemohon dalam kepengurusan paspor dan dapat memberikan kenyamanan lebih kepada para pemohon tanpa harus menunggu lama di kantor.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)