Camat Sawangan Depok Terapkan Perda KTR di Wilayahnya

Camat Sawangan Depok Terapkan Perda KTR di Wilayahnya

HarianDepok.com – Berita – Sawangan , Pada beberapa hari kemarin, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Depok bersama sama dengan pihak Inspektorat serta instansi terkait melakukan sidak Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di lingkungan Balaikota Depok. Hal ini merujuk kepada adanya Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2014 yang berisikan mengenai larangan merokok di suatu lingkungan.

Dari hasil penerapan aturan tersebut di lingkungan pusat pemerintahan kota Depok pada saat itu, tidak ada satupun ditemukannya perokok namun, petugas berhasil menemukan sejumlah barang bukti berupa sejumlah puntung rokok yang banyak bertebaran di sejumlah kantor instansi pemerintah khususnya di sekitaran pintu keluar dan tangga darurat.

Tak hanya di lingkungan pemerintahan saja, di beberapa pusat perbelanjaan pun turut menjadi incaran petugas dalam menerapkan aturan KTR di seluruh wilayah kota Depok. DN hasilnya, petugas mendapati sejumlah asbak terjejer rapi di sejumlah toko elektronik guna memfasilitasi para pengunjung yang ingin merokok. Ini sangatlah bertentangan dengan aturan yang berlaku, dimana para perokok dilarang untuk melakukan kegiatan merokoknya di tempat umum.

Maka daripada itu, petugas langsung mengamankan sejumlah asbak dari beberapa toko elektronik yang berdiri di dalam pusat perbelanjaan kota Depok. Dan petugas pun juga berhasil menangkap belasan orang yang tengah melakukan pelanggaran KTR di sejumlah pusat perbelanjaan yang langsung ditindak tegas oleh petugas ditempat.

Merujuk daripada itu, Camat Sawangan pun saat ini tengah melakukan hal yang sama diwilayahnya dengan menggalakkan kegiatan penertiban para pelanggar KTR di lingkungan kantor Kecamatan Sawangan. Untuk memaksimalkan kegiatan tersebut, Camat Sawangan pun juga mengajak beberapa orang terpilihnya guna memantau dan mengawasi akan adanya pelanggar KTR.

Kegiatan penegakkan KTR oleh pihaknya ini difokuskan kepada sejumlah tempat yang kerap dijadikan para perokok dalam melakukan kegiatan merokoknya yang diantaranya biasanya dilakukan di kantin, ruang kerja, ruang pelayanan dan di lahan parkir kendaraan.

Kegiatan penertiban yang dilakukan di lingkungan Kecamatan langsung dipimpin oleh Camat Sawangan, Eko Herwiyanto dan akan dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu minggu. Ini dimaksudkan untuk dapat direalisasikannya Peraturan Daerah (Perda) mengenai Kawasan Tanpa Rokok di lingkunhannya.

“Dalam menjalankan sidak KTR, akan diawali dari lingkungan Kecamatan Sawangan dengan target para pegawai kantor Kecamatan, setelah itu, baru kami akan memperluas parameter pengawasan kami sampai dengan lingkungan luaran. Untuk awalan penertiban KTR ini, diharapkan dapat menjadi satu contoh bagi masyarakat sekitar untuk tetap memperhatian aturan dan larangan yang berlaku,” tuturnya, Rabu (14/10/2015).

Dengan direalisasikan dan diterapkannya Perda mengenai KTR di wilayah Kecamatan Sawangan saat ini, dimaksudkan untuk menekan atas bahaya yang ditimbulkan dari asap rokok kepada orang lain yang dapat menyebabkan turunnya tingkat kesehatan dan organ dalam tubuh yang bisa menimbulkan penyakit kanker kepada para perokok pasif.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)