Dinkes Kota Depok Sosialisasikan Hidup Sehat di Lingkungan Sekolah

Dinkes Kota Depok Sosialisasikan Hidup Sehat di Lingkungan Sekolah

HarianDepok.com – Berita , Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan perilaku hidup sehat saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok nya, gencar melakukan kegiatan dan penyuluhan Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ke berbagai lingkungan pemukiman dan sekolah yang dilakukannya secara rutin setiap tahunnya.

Dari kegiatan penyuluhan PHBS yang diterapkannya pada Sekolah Dasar Negeri Cilangkap 2 yang berlokasi di Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Depok pada Selasa (13/10/2015) meliputi, cuci tangan dengan menggunakan sabun serta pembiasaan menggosok gigi dengan pasta gigi yang baik dan benar.

Kegiatan yang dilakukannya pada beberapa waktu lalu, turut serta diikuti oleh perwakilan Dokter Kecil dari SDN Cilangkap 2, siswa MI Nurul Falah dan diikuti juga oleh seluruh Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kota Depok. Selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat, Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memelihara kesehatan masyarakat dari ancaman berbagai macam penyakit.

Pelaksana Promisi Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Evita Hutapea dalam tanggapannya mengenai hal tersebut mengatakan, bahwa kegiatan PHBS yang saat ini dilakukannya adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dalam menata kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku hidup sehat.

“Selain di lingkungan rumah, di lingkungan sekolah pun juga harus diterapkan PHBS. Ini harus kita tanamkan sedini mungkin kepada siswa siswi sekolah agar kedepannya mereka dapat terus menjalani perilaku hidup sehat. Tenaga pengajar dan masyarakat pun juga harus turut serta mendukung PHBS di lingkungannya agar kelak lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal dapat terjaga sisi kesehatannya,” tuturnya di Depok, Kamis (15/10/2015).

Evita menambahkan, PHBS yang dilakukan pihaknya ini bertujuan untuk memunculkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dari hasil pembelajaran dan penyuluhan tersebut sehingga kedepannya dapat tercipta masyarakat yang sehat serta tetap peduli akan mewujudkan lingkungan yang sehat.

Dari pelaksanaan PHBS yang dilakukan di sekolah SDN Cilangkap 2 pada waktu itu, para petugas memfokuskan kepada pemberian materi meliputi memelihara rambut, pentingnya menggunakan pakaian bersih, merawat kuku dari kotoran, menggunakan perlengkapan sekolah seperti sepatu, tas dan asesoris lainnya yang bersih.

“Perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai sedini mungkin dan dilakukan mulai dari diri sendiri,” tutupnya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: