Dibimasda Depok Himbau Masyarakat Akan Bahaya Musibah Longsor dan Banjir Saat Musim Penghujan Nanti

Dibimasda Depok Himbau Masyarakat Akan Bahaya Musibah Longsor dan Banjir Saat Musim Penghujan Nanti

HarianDepok.com – Berita , Untuk mencegah akan adanya ancaman bahaya longsor yang disebabkan oleh musim penghujan nanti, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati hati terhadap bahaya longsor yang biasa terjadi pada saat musim penghujan tiba.

Selain untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat akan bahayanya musibah tersebut dimaksudkan juga untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan adanya musibah longsor yang beberapa waktu lalu sempat terjadi di sejumlah wilayah di kota Depok dengan total kerugian mencapai hingga ratusan juta rupiah.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Dibimasda) kota Depok, Manto dalam tanggapannya mengenai hal tersebut mengaku telah melakukan berbagai macam kegiatan guna mencegah akan timbulnya musibah tersebut yang diantaranya dengan membuat beberapa tanggul di beberapa lokasi yang dianggap rawan longsor serta melakukan sosialisasi kepada masyaraksy akan bahaya longsor.

“Pada tahun ini pihak kami telah siap untuk menghadapi akan datangnya musim penghujan. Hal ini sudah kami antisipasi dan sudah kami persiapkan penanggulangannya sejak jauh hari,” katanya kemarin.

Selain telah melakukan kegiatan penanggulangan dan antisipasi pembuatan tanggul untuk menghadapi musibah longsor yang dapat terjadi pada saat musim penghujan tiba, pihaknya juga mengaku telah melakukan pencegahan musibah longsor secara permanen dengan membangun turap di sejumlah lokasi di pinggir kali.

Pihaknya juga mengaku telah melakukan kegiatan normalisasi terhadap beberapa situ yang ada di wilayah kota Depok dengan maksud untuk mengembalikan fungsi situ sebagai kantung kantung serapan air kota pada saat musim penghujan tiba. Selain itu pihaknya pun juga telah menugaskan Satuan Tugas (Satgas) banjir untuk melakukan kegiatan treatment di sepanjang aliran sungai dan saluran penghubung dari sampah.

“Sampai saat ini kegiatan penanganan pencegahan banjir sudah kami lakukan dengan menempatkan petugas disejumlah lokasi untuk melakukan pembersihan dari berbagai sampah yang menyumbat aliran air. Hal ini kami lakukan dengan harapan agar mencegah terjadinya banjir,” ucapnya.

Meski sudah melakukan kegiatan pencegahan dan penanggulangan akan timbulnya musibah banjir dan longsor oleh pihaknya saat ini, Manto pun meminta kepada masyarakat untuk ikut aktif dalam mengawasi akan adanya bencana longsor dan banjir yang kerap terjadi pada saat musim penghujan tiba.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut berperan aktif majaga lingkungannya dari ancaman musibah banjir dan longsor dengan melakukan pelaporan kepada petugas kami apabila menemukan lokasi yang berpotensi longsor dan banjir secepat mungkin untuk dapat segera ditindaklanjuti oleh petugas kami. Jangan musibah tersebut memakan korban jiwa,” tuturnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: