Walikota Depok Resmikan Saung Edukasi di Ciliwung

Walikota Depok Resmikan Saung Edukasi di Ciliwung

HarianDepok.com – Berita , Kali Ciliwung yang merupakan salah satu kali yang terdapat di sepanjang wilayah kota Depok ini kerap menjadi tempat pembuangan sampah liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga menjadikan aliran kali Ciliwung terhambat karena sampah yang bisa menyebabkan timbulnya musibah banjir.

Guna mengantisipasi hal tersebut, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah dan pihak keamanan pun ikut terjun kelapangan untuk melakukan kegiatan pembersihan di kali Ciliwung. Kodim 0508 Depok misalnya yang sampai saat ini rutin menjalankan kegiatan bersih bersih di sepanjang aliran kali Ciliwung. Selain daripada itu, Komunitas Pecinta kali Ciliwung pun juga rutin mengadakan kerja bakti bersama.

Dari seluruh kegiatan tersebut, volume sampah yang ada disepanjang kali Ciliwung menurun drastis. Hal ini menjadi salah satu keberhasilan para petugas dan para pecinta kali Ciliwung dalam menjalankan misinya untuk mengembalikan ekosistem lingkungan yang bersih dan sehat.

Tak mau kalah dengan yang lainnya, Universitas Indonesia pun saat ini tengah mendirikan Saung Pustaka Air Cikambangan yang berlokasi di Kampung Cikambangan RT 03/04, Kalimulya, Cilodong, Depok, yang bekerjasama dengan Komunitas Pecinta Ciliwung yang dilaksanakan pada Minggu 11 Oktober 2015 kemarin.

Ketua Program Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Ismala Dewi dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, bahwa tujuan mendirikan saung tersebut adalah untuk dijadikan sebagai taman baca bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar. Selain daripads itu, fungsi dari saung juga diharapkan agar dapat menjadi pusat pembelajaran bagi para pecinta lingkungan khususnya kali Ciliwung.

“Saung ini bukan hanya diperuntukkan sebagai taman baca saja, namun fungsi lain dari didirikan saung ini diperuntukkan juga untuk seluruh masyarakat dalam mempelajari bermacam hal yang diantaranya, cara pemilahan sampah, cara membuat pupuk dan yang lainnya,” tuturnya.

Kedepannya, saung yang letaknya berada persis di pinggiran aliran sungai Ciliwung ini kedepannya akan dimanfaarksn oleh pihak Universitas Indonesia untuk mengembangkan potensi masyarakat sekitar yang ada sehingga dapat digunakan dengan sebaik baiknya.

Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail sebagai orang yang dipercayakan untuk meresmikan saung tersebut mengatakan, bahwa sampai saat ini seluruh elemen mulai dari pemerintah sampai dengan masyarakat harus dapat berkolaborasi untuk melakukan pengamanan dengan cara memaksimalkan potensi yang ada di sekitar lingkungan kali Ciliwung.

Selain daripada itu, Nur juga mengharapkan agar seluruh elemen yang ada agar dapat lebih memanfaatkan saung tersebut untuk dijadikan sebagai tempat berkumpul dan tempat membagikan potensi sosial kepada masyarakatnya sehingga dapat meningkatkan keharmonisan dan kerukunan dalam menjaga lingkungan.

“Semoga seluruh masyarakat dapat terus semangat dan membulatkan tekad untuk menjaga serta melestarikan kali ciliwung agar tetap terjaga kebersihannya dan tetap asri,” katanya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)