Lewat Usaha Patungan, BUMN RI dan China Resmi Garap Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Lewat Usaha Patungan, BUMN RI dan China Resmi Garap Kereta Cepat Jakarta-Bandung

HarianDepok.com – Bisnis , Satu tonggak sejarah kembali ditorehkan oleh bangsa Indonesia di sektor transportasi kereta api. Konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menandatangani joint venture agreement (perjanjian pendirian perusahaan patungan) antara PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dengan BUMN China, China Railway International Co.Ltd untuk membangun sebuah kereta cepat (High Speed Railways/HSR) koridor Jakarta-Bandung.

PT PSBI adalah konsorsium BUMN yang dibentuk dengan keanggotaan PT Wijaya Karya Tbk, dan PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Jasa Marga Tbk, dan PT Perkebunan Nusantara VIII. PT PSBI menunjuk Sahala Lumban Gaol sebagai Chairman yang sekaligus? Staf Ahli Kementerian BUMN.

“Kita memulai satu episode baru dalam dunia perkeretaapian atau transportasi. Dalam kegiatan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung akan terbentuk pusat kegiatan usaha ?dan ekonomi baru,” ungkap Sahala ketika seremoni penandatangan JVC Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang digelar di Hotel Pullman, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Sahala menyebutkan, dalam melaksanakan kegiatan tersebut, model bisnis yang diterapkan akan mengikuti praktik-praktik korporasi, komersialisasi dan berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur. Dan yang paling penting  kerjasama BUMN kedua negara ini murni dilakukan dengan skema business to business, tidak akan memakai anggaran negara serta jaminan? pemerintah.

“Episode baru ini maksudnya adalah model bisnis yang digunakan tidak akan memberatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan tidak mengganggu pemerintah karena tidak ada jaminan pemerintah. Indonesia ingin bertumbuh,” tuturnya.

Penandatanganan pendirian perusahaan patungan ini juga dihadiri oleh, Direktur Utama (Dirut) Wijaya Karya Bintang Perbowo, Dirut Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro, Dirut Jasa Marga Adityawarman, Dirut PT Perkebunan Nusantara VIII Dadi Sunardi, dan Chairman of Board China Railway International Co.Ltd Yang Zhongmin serta Duta Besar China untuk Indonesia Xie Feng.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: