Mulai 15 Desember 2015, Beli Kartu SIM Prabayar Harus Pakai KTP

Mulai 15 Desember 2015, Beli Kartu SIM Prabayar Harus Pakai KTP

HarianDepok.com – TeknoNews , Biasanya kita dapat dengan mudah untuk membeli kartu SIM perdana prabayar, terlebih dengan harga yang murah-meriah sering kita jumpai di berbagai outlet kecil bahkan hingga ada yang berjualan pinggir jalan. Tapi nanti membeli kartu perdana prabayar tidak bisa lagi sembarangan. Mulai 15 Desember 2015, serentak secara nasional, pembelian kartu SIM baru harus disertai dengan Kartu Tanda Pengenal (KTP).

Kebijakan ini dikeluarkan langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) untuk menertibkan registrasi kartu prabayar. “Untuk penertiban ini, kami perlu kesepakatan utuh dari operator. Nah, semua operator telekomunikasi saat ini sudah menyepakati bersama supaya penertiban registrasi dimulai pada 15 Desember,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi, Ismail Cawidu, Selasa (13/10/2015).

Sebenarnya, registasi ini sudah digadang-gadang oleh pemerintah sejak tahun lalu. Tetapi, kala itu terbentur oleh masalah sistem verifikasi data pelanggan, yang belum disepakati oleh pihak mana yang akan menyediakan. Ismail menambahkan jika penjual eceran maupun pemilik kios kartu perdana yang akan melakukan verifikasi data,-

harus mempunyai kartu ID khusus yang diberikan oleh pihak operator. Kartu ini diharuskan, pasalnya dia yang akan bertanggung jawab atas input data pelanggan. “Jika tidak punya ID, penjual itu tidak dapat melakukan registrasi pelanggan. Verifiikasi data pelanggan itu penting sebagai upaya pemerintah untuk melakukan penelusuran data jika diperlukan,” jelasnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: