“No Bra Day”, Kampanye Agar Lebih Waspada Terhadap Kanker Payudara

"No Bra Day", Kampanye Agar Lebih Waspada Terhadap Kanker Payudara

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Dimulai sejak tahun 2011, setiap tanggal 13 Oktober masyarakat di berbagai negara di seluruh dunia merayakan “No Bra Day” atau hari tanpa bra. Gagasan kampanye ini diluncurkan oleh para survivor atau penyintas serta pendukung kanker payudara di Amerika Serikat yang kemudian meluas ke sejumlah negara di dunia. Kemudian kampanye ini gencar digelar melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter setiap tanggal 13 Oktober.

Selain itu, kampanye ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan untuk meningkatkan kesadaran kanker payudara di Bulan Kesadaran Kanker Payudara. Demikian yang dikutip laman Fox News, Selasa (13/10/2015). Seperti yang dikutip laman Miami Herald, kampanye “No Bra Day” juga dijadikan sebagai ajang untuk mengingatkan para wanita agar melakukan skrining payudara baik melalui USG ataupun mamografi. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi dini ada tidaknya kanker pada payudara seseorang.

Lalu, apakah ada hubungannya antara penggunaan bra dengan kanker payudara? Berdasarka hasil peneliti dari University of Harvard yang pernah melakukan penelitian dan menemukan bila penggunaan bra yang terlalu ketat berpotensi terkena kanker payudara. “Bra yang ketat akan menghambat kerja tubuh yang biasanya membersihkan diri serta menyingkirkan sel-sel kanker dan racun seperti dioksin, benzena dan bahan kimia karsinogenik lain yang melekat pada jaringan lemak tubuh seperti payudara, ” jelas dokter MV Shah.

Sedangkan menurut berbagai penelitian lain tidak menunjukkan hubungan antara pemakaian bra dengan kanker payudara. Penelitian yang dipublikasikan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention ini tentu saja dapat melegakan hati perempuan atas perdebatan yang selama ini terjadi soal hubungan penggunaan bra dan kanker. Bahwa tidak ada hubungannya antara bra dan kanker.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok