Asteroid Raksasa Berukuran 2,5 Km Mengancam Bumi

Asteroid Raksasa Berukuran 2,5 Km Mengancam Bumi

HarianDepok.com – Tekno , Rumor yang mengtakan bahwa akan ada sebuah asteroid yang akan mendekati Bumi memang sudah beredar sejak lama. The National Aeronautics and Space Administration (NASA) pun dikabarkan sedang melacak keberadaan 1.400 asteroid yang berpotensi membahayakan bumi. Bahkan, diprediksi ke depannya asteroid tersebut akan mencapai bumi dan memberikan dampak `mengerikan` terhadap planet kita. Baru-baru ini, NASA telah memberikan update mengenai soal pemantauan asteroid.

Berdasarkan informasi yang dilansir Techeblog, Senin (12/10/2015), NASA berhasil menemukan benda luar angkasa yang diklaim sebagai asteroid yang memiliki ukuran lebar 2,5 kilometer. Dilaporkan asteroid dengan ukuran raksasa ini sedang mendekati orbit Bumi dan berada di titik terdekatnya pada minggu ini. Ketika berada di titik paling dekat dengan Bumi, asteroid tersebut hanya berjarak sekitar 25 juta kilometer.

Akan tetapi, asteroid yang mempunyai kode nama 86666 (2000 FL10) ini dikabarkan tidak akan mengancam Bumi. Menurut Manajer Near-Earth Object di NASA, Paul Chodas menjelaskan bahwa walaupun asteroid besar itu berada di posisi terdekat dengan Bumi, bukan berarti keberadaannya memberikan dampak buruk terhadap Bumi. NASA sebelumnya juga pernah menjelaskan jika tingkat potensi asteroid `bertabrakan` dengan Bumi berada di tingkat kurang dari 0.01 persen hingga 100 tahun ke depan.

Dan artinya, hal tersebut menandakan lintasan orbit objek luar angkasa berada di jalur paling aman dan tidak mengakibatkan dampak mengerikan terhadap Bumi. Seperti yang nampak pada sebuah grafik lintasan objek luar angkasa, NASA memperlihatkan asteroid 86666 (2000 FL10) memiliki jalur yang memotong lintasan Bumi. Di grafik tersebut, juga Nampak jika asteroid 86666 mempunyai kemungkinan dapat bersinggungan dengan lintasan Mars. Sedangkan, Venus dan Merkurius aman dari lintasan asteroid tersebut.

Asteroid Raksasa Berukuran 2,5 Km Mengancam Bumi

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: