Rupiah Diprediksi Akan Terus Menguat ke Level Rp 12.500 per Dolar AS

Rupiah Diprediksi Akan Terus Menguat ke Level Rp 12.500 per Dolar AS

HarianDepok.com – Bisnis , Sudah sepekan ini nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus mengalami penguatan yang sangat signifikan. Bahkan rupiah menjadi mata uang paling perkasa di kawasan Asia. Diprediksi penguatan rupiah tersebut bakal terus berlanjut. Menurut Yuddy Chrisnandi, Guru Besar Ilmu Ekonomi dan Politik Universitas Nasional (Unas) meramalkan bahwa rupiah akan menemui keseimbangan baru yakni di kisaran level 12.500 per dolar AS.

“Penguatan ini belum berhenti, saya yakin rupiah akan berada di bawah 13 ribu per dolar AS, sekitar 12.500 ribuan. Ini akan bertahan lebih lama, mencapai keseimbangan yang lebih stabil, bahkan mampu di bawah 12.500 per dolarnya,” ujar Yuddy, Senin (12/10/2015). Yuddy menambahkan, penguatan rupiah ini memang diawali dengan meredanya sentimen global, di mana the Fed sepertinya akan menunda kenaikan suku bunganya,

mengingat beberapa indikator ekonomi AS belum menunjukkan angka positif yang stabil. Yuddi menyebut adanya paket kebijakan pemerintah yang hingga kini sudah dikeluarkan sampai jilid III, menambah kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Terlebih pemerintah direncanakan akan kembali engeluarkan peket kebijakan jilid IV.

“Namun untuk mencapai di bawah 12.500 per dolar AS itu butuh waktu beberapa minggu lagi, sekitar 3-4 minggu,” jelas Yuddy. Sebab itu ia mengimbau kepada para spekulan untuk segera melepas cadangan dolar mereka sebelum nantinya spekulan tersebut akan mengalami kerugian. Sebagai Guru Besar Unas, Yuddy juga mengapresiasi langkah yang dilakukan Bank Indonesia untuk? meningkatkan pasokan valuta asing dalam negeri sehingga berdampak pada penguatan rupiah.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: