Dua Ledakan di Turki Diduga Bom Bunuh Diri

Dua Ledakan di Turki Diduga Bom Bunuh Diri

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Dua buah bom meledak di dekat stasiun kereta api di Ankara sekitar pada Sabtu (10/10//2015) pukul 10.00 waktu setempat,. Ledakan tersebut diduga terjadi tepatnya di dekat lokasi aksi damai sebuah kelompok yang menuntut diakhirinya konflik berdarah antara tentara pemerintah, separatis Kurdi, dan Partai Pekerja Turki (PKK). Seperti yang dilansir The Guardian, Pemerintah Turki menyebut bahwa ledakan tersebut adalah serangan bom bunuh diri. Tetapi, belum ada kelompok yang mau bertanggung jawab atas teror tersebut.

Ahmet Davutoglu selaku Perdana Menteri Turki juga sudah mengungkapkan pernyataan itu dalam pidatonya di televisi nasional negara tersebut. Pemerintah setempat menyebut, terdapat 95 orang tewas dalam ledakan itu. Sedangkan, Turki Medical Association mencatat terdapat 97 orang tewas dan lebih dari 400 orang luka-luka dalam kasus tersebut.  Ledakan kedua bom tersebut terjadi 3 pekan menjelang pemilihan umum nasional.

Sebuah video di media sosial menunjukkan sebelum ledakan oranye meletus di belakangnya, sejumlah pemuda tengah menari dan bernyanyi. Mereka adalah demonstran yang melakukan aksi damai di lokasi ledakan. Rekamam berakhir saat kerumunan melarikan diri dari ledakan tersebut. Kedua bom tersebut mempunyai daya ledak tinggi. Akibatnya, dalam ledakan tersebut hampir 100 orang tewas. Jumlah korban pun diprediksikan akan terus bertambah.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok