Tiga Hal Pemicu Terkena Penyakit Lupus

Tiga Hal Pemicu Terkena Penyakit Lupus

ilustrasi

HarianDepok.com – Kesehatan , Lupus merupakan salah satu penyakit kronis yang saat ini mulai banyak diderita oleh sebagian orang. Kasus terbaru dialami oleh artis dan penyanyi Selena Gomez yang ternyata menderita penyakit Lupus. Lalu apakah sebenarnya penyebab utama Lupus itu? Sampai saat ini belum ada satu penemuan yang berhasil mengungkapkan secara jelas apakah penyebab utama dari penyakit ini. Namun menurut para ahli terdapat tiga hal yang diduga bisa menyebabkan penyakit lupus seperti dilansir dari Medical News Today.

  1. Genetis

Meskipun masih belum ditemukan hubungan yang benar-benar jelas antara gen dengan lupus, tetapi hal ini juga diklaim bisa menyebabkan lupus. Namun pada beberapa kasus tertentu ada hubungan antara faktor genetis ini dengan munculnya lupus. Pada beberapa kasus tertentu, hubungan darah yang dimiliki bisa meningkatkan risiko seseorang menderita lupus sampai 20 kali lipat.

Bukan hanya hubungan darah antar keluarga ini. Tetapi faktor genetis ini juga disebut berpengaruh karena risiko penyakit lupus yang tinggi pada beberapa etnis tertentu seperti asia, afrika, hispanik, indian dan polinesia.

  1. Hormon

Hormon disebut sebagai salah satu penyebab terjadinya lupus. Saat ini, sembilan dari sepuluh penderita lupus adalah wanita. Banyak penelitian yang menduga hubungan antara estrogen dengan munculnya penyakit ini. Meskipun hormon ini dimiliki baik oleh pria dan wanita, namun wanita mempunyai produksi estrogen yang jauh lebih besar.

Estrogen mempunyai efek yang membuat wanita mempunyai sistem kekebalan tubuh lebih kuat dari pria. Hal ini lah yang diduga menjadi pemicu penyakit ini lebih banyak muncul kepada wanita. Saat wanita sedang datang bulan atau hamil biasanya gejala-gejala lupus semakin terlihat karena peningkatan produksi estrogen.

  1. Lingkungan

Berdasar penjelasan dari lupus Foundation of America, lingkungan disebut bisa membuat atau mempengaruhi seseorang menjadi penderita lupus. Sejumlah bahan kimia dan virus yang berkembang di lingkungan mampu membuat seseorang menjadi penderita lupus.

Lingkungan industri terutama yang tertutup serta penuh bahan kimia berbahaya bisa menyebabkan timbulnya lupus. Bukan hanya itu, masalah-masalah sehari-hari seperti kelelahan, demam, stres dan cedera juga disebut bisa mengakibatkan lupus.

Dari tiga penyebab tersebut, setidaknya untuk menurunkan potensi terjangkit penyakit lupus, maka faktor lingkungan harus diperhatikan. Tinggal di lingkungan yang sehat dan berada dalam kondisi fisik dan mental yang prima bisa membantu agar terhindar dari penyakit lupus.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: