Banjir Dolar, Rupiah Diprediksi Sentuh Level Rp 13.000

Banjir Dolar, Rupiah Diprediksi Sentuh Level Rp 13.000

HarianDepok.com – Bisnis , Penguatan nilai tukar rupiah diperkirakan masih akan berlanjut hingga berpeluang bakal menembus level 13.000 per dolar Amerika Serikat (AS). Potensi ini memiliki peluang sangat besar mengingat Indonesia tengah kebanjiran dana dari pihak asing yang masuk lewat pasar modal. menurut Farial Anwar, seorang Pengamat Valas mengungkapkan hampir semua nilai mata uang negara berkembang mengalami apresiasi karena pelemahan dolar AS, termasuk rupiah.

Kondisi ini dinilai momentum positif bagi Bank Indonesia (BI) untuk menahan penguatan rupiah. Ia menambahkan, BI harus menargetkan kurs rupiah agar dapat bertahan menguat di level 13.500 per dolar AS. Farial memprediksi dolar AS dapat melemah sampai level Rp 13.000. Harapan besar tersebut datang dari derasnya aliran dana asing yang masuk ke Indonesia sejak awal Oktober lalu dengan nilai sekitar Rp 3 triliun sampai hari ini.

Pasalnya Investor tengah melakukan pembelian saham di pasar modal, sehingga berhasil mengangkat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Jika dilihat dari kinerja pasar uang Indonesia, terutama nilai tukar rupiah sejak 2 Oktober 2015 yang terus bersinar. Tidak butuh waktu yang lama untuk rupiah menguat hingga lebih dari Rp 1.000 dalam kurun waktu seminggu.

Menurut Farial, penguatan rupiah dan mata uang negara berkembang lain ditopang karena spekulasi penyesuaian Fed Fund Rate yang berangsur-angsur surut. Ia memprediksikan bahwa The Federal Reserves akan menunda realisasi kebijakan ini mengingat realisasi data pengangguran AS yang tidak sesuai ekspektasi. Walau demikian, Indonesia masih akan menghadapi kondisi ketidakpastian hingga akhir tahun ini, terutama maju mundurnya kenaikan Fed Fund Rate.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: